Pemkab Minsel dan Pemkot Manado sepakat kerja sama pelayanan metrologi legal

  • Bagikan
Walikota Manado Andrei Angouw menandatangani kesepakatan dan perjanjian kerja sama terkait pelayanan metrologi legal, bertempat di Kantor Walikota Manado, Senin (04/04/2022).

Manado, BERITASULUT.co.id – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Pemerintah Kota Manado melakukan penandatangan kesepakatan dan perjanjian kerja sama terkait pelayanan metrologi legal.

Kerja sama ini disepakati dalam penandatanganan yang dilakukan langsung Bupati Minsel Franky D Wongkar (FDW) dan Walikota Manado Andrei Angouw (AA) bertempat di Kantor Walikota Manado, Senin (04/04/2022).

Metrologi legal merupakan metrologi yang mengelola satuan-satuan ukuran, metode-metode pengukuran dan alat-alat ukur, yang menyangkut persyaratan teknik dan peraturan berdasarkan Undang-Undang yang bertujuan melindungi kepentingan umum dalam hal kebenaran pengukuran.

Adapun maksud penandatangan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama ini adalah untuk memberikan jaminan kebenaran pengukuran terhadap Alat-Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) serta memberikan perlindungan kepada produsen dan konsumen di Kabupaten Minsel.

“Tujuan yaitu terlaksananya pelayanan tera dan tera ulang UTTP metrologi legal di Kabupaten Minsel,” ujar Bupati FDW.

Dengan adanya kerja sama ini Pemkab Minsel berterimakasih kepada Pemkot Manado yang mau membantu Kabupaten Minsel untuk pelayanan metrologi legal ini.

“Penyelenggaraan tera, tera ulang ini untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Diketahui Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang tertuang dalam tabel Pembagian Urusan Pemerintahan Bidang Perdagangan bahwa penyelenggaraan tera, tera ulang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Maka dari itu, Pemkab Minsel akan mempersiapkan untuk melaksanakan penyelenggaraan disertai dengan retribusi pelayanan Tera, Tera Ulang demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan memperhatikan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Sejumlah pejabat masing-masing daerah ikut mendampingi, baik dari Pemkab Minsel maupun Pemkot Manado.

(toar)

Baca Juga:  Bupati CEP pantau Pasar 54 dan bagikan payung pada pedagang
  • Bagikan