DPRD Manado gelar rapat paripurna pengesahan LKPJ Walikota tahun 2021

  • Bagikan
Ketua DPRD Kota Manado Aaltje Dondokambey didampingi Wakil Ketua Noortje Van Bone dan Adrey Laikun, menadatanganani Surat Keputusan DPRD dan berita acara tentang Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Walikota Manado tahun anggaran 2021.

Manado, BERITASULUT.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado menggelar rapat paripurna tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Manado Tahun Anggaran 2021, Kamis (14/04/2022) siang.

Rapat yang digelar di Kantor DPRD Kota Manado, Jalan Pemuda Sario, Manado, dipimpin Ketua Aaltje Dondokambey didampingi Wakil Ketua Noortje Van Bone dan Adrey Laikun, dihadiri langsung Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang (AARS).

Rapat diawali dengan penyampaian laporan Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Walikota Tahun Anggaran 2021 yang disampaikan Ketua Pansus Jein Laluyan.

Ada beberapa rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Walikota Manado tahun anggaran 2021 yang dibacakan Jein Laluyan, yang diharapkan dapat ditindaklanjuti Walikota Manado.

Usai laporan pansus langsung dilakukan penadatanganan Surat Keputusan DPRD Kota Manado dan berita acara tentang Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Walikota Manado tahun anggaran 2021.

Seperti diketahui, LKPJ adalah laporan berupa informasi penyelenggara pemerintahan selama satu tahun anggaran atau akhir masa jabatan yang disampaikan kepala daerah kepada DPRD.

Terdapat hal yang perlu diketahui terkait LKPJ, yakni jenis LKPJ, muatan LKPJ, penilaian LKPJ, tolak ukur penilaian LKPJ, langkah pengukuran kinerja, dan evaluasi kinerja LKPJ.

Adapun tolak ukur penilaian LKPJ yakni RPJPD, RPJMD, RKPD, KUA/PPAS, RKA/DPA SKPD, indikator kinerja program dan kegiatan, Perda APBD dan Perda APBD Perubahan.

Untuk langkah pengukuran kinerja, terdiri dari:

– Penetapan indikator kinerja: identifikasi dan uraian ukuran kinerja pada setiap indikator kinerja.

– Penetapan target kinerja: identifikasi target kinerja pada setiap indikator kinerja.

– Penetapan capaian/realisasi kinerja: identifikasi realisasi pencapaian kinerja.

– Evaluasi kinerja: membandingkan antara target dengan pencapaian/realisasi kinerja pada setiap indikator kinerja, dan hitung persen capaian indikator kinerja.

Adapun untuk evaluasi kinerja LKPJ, terdiri dari:

– Evaluasi kinerja keuangan daerah, ditujukan kepada pencapaian kinerja perolehan pendapatan, pencapaian kinerja, pengalokasian belanja, dan kinerja pembiayaan (dengan menggunakan laporan pengawasan internal DPRD dan hasil audit BPK, DPRD melihat dan mencermati berbagai kemungkinan terjadinya penyimpangan-penyimpangan pengelolaan keuangan daerah.

– Evaluasi aspek politik, lebih ditujukan kepada peningkatan pengelolaan kepemerintahan yang baik, seperti indikator-indikator partisipasi, transparansi, akuntabilitas, penegakan hukum dan lain-lainnya.

– Evaluasi pelayanan publik, melihat sejauhmana penyelenggaraan program dan kegiatan secara efektif mampu memenuhi sasaran dan tujuan yang telah digariskan dalam perencanaan stratejik daerah yang bersifat tahunan (penilaian kinerja instansi pemerintah adalah perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan melalui sistem pertanggungjawaban secara periodik).

Walikota apresiasi lembaga DPRD

Walikota Andrei Angouw menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Panitia Khusus LKPJ, lembaga DPRD dan SKPD Pemerintah Kota Manado yang telah membahas soal LKPJ Walikota tahun anggaran 2021.

“Rekomemdasi-rekomendasi Pansus LKPJ menjadi masukan berarti dalam pelaksanaan program pemerintah kota kedepan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Walikota juga menyampaikan soal beberapa pejabat yang baru saja dilantik untuk dapat bekerjasama dengan pihak DPRD demi pelaksanaan pembangunan di Kota Manado yang lebih baik kedepan.

Hadir dalam rapat paripurna ini para pimpinan dan anggota DPRD Kota Manado, Sekda Kota Manado Micler CS Lakat, Forkopimda Manado, Staf Ahli DPRD Kota Manado, dan sejumlah pejabat Pemkot Manado.

(adv/lipsus)

  • Bagikan