Hari lahir Pancasila 1 Juni 2022: Sejarah riuh pidato Sukarno hingga ditetapkan Jokowi

  • Bagikan

Jakarta, BERITASULUT.co.id – Hari ini, 1 Juni 2022, bangsa Indonesia memperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Hari tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Pemerintah.

Penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus Hari Libur Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa senantiasa mengingat Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Pada 2017, bahkan Hari Lahir Pancasila tidak hanya diperingati pada 1 Juni 2017 saja. Lebih dari itu, Pemerintah juga mengadakan Pekan Pancasila sejak 29 Mei-4 Juni 2017.

Masih berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, Hari Lahir Pancasila ditetapkan pada 1 Juni 1945.

Jika ditengok ke belakang, gagasan tentang Pancasila sebagai dasar negara disampaikan Sukarno dalam rapat Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang digelar 1 Juni 1945 lalu.

Terdapat lima poin gagasan yang disampaikan Bapak Proklamator kala itu, yaitu Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial dan Ketuhanan yang Berkebudayaan.

Pidato Sukarno disambut gegap gempita oleh para peserta rapat BPUPKI. Tak lepas dari cara Sukarno berpidato yang menggebu-gebu menyongsong kemerdekaan Indonesia.

Sukarno mencetuskan lima poin untuk dijadikan dasar negara Indonesia pada 1 Juni 1945 silam dalam rapat BPUPKI.

Guna menindaklanjuti gagasan dasar negara tersebut, dibentuklah tim khusus berupa panitia kecil.

Kemudian Pancasila disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) agar tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada rapat 18 Agustus 1945, sehari setelah kemerdekaan.

Baca Juga:  [DOWNLOAD] Surat Edaran MenPANRB terkait penghapusan Eselon III-IV-V
  • Bagikan