Resmi dilantik anggota Bawaslu Sulut 2022-2027, ini pesan untuk Mewoh, Rumagit dan Densi

  • Bagikan
Formasi baru Bawaslu Sulut bersama Supriyadi Pangelu, Awaluddin Umbola, Ardiles Mewoh, Donny Rumagit, dan Zuklifli Densi.

Jakarta, BERITASULUT.co.id – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Rahmat Bagja melantik 72 anggota Bawaslu 25 Provinsi di Indonesia masa jabatan 2022-2027.

Dari 72 nama tersebut, 3 diantaranya anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Yakni Ardiles Mewoh, Donny Rumagit, dan Zulkifli Densi.

Dalam pelantikan ini, Bagja mengingatkan anggota Bawaslu provinsi untuk terus menjaga hubungan baik sesama penyelenggara pemilu.

“Bawaslu, KPU, dan DKPP harus menjadi keluarga besar penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Bagja mengatakan Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merupakan tiga penyelenggara pemilu untuk menyukseskan pemilihan umum di Indonesia.

“Kami berpesan kepada anggota Bawaslu agar menjaga hubungan baik sesama penyelenggara pemilu tanpa melanggar undang-undang yang berlaku. Ke depan Bawaslu, KPU, dan DKPP akan lebih baik lagi,” pesan Bagja.

Dalam pelantikan ini, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja didampingi empat anggota Bawaslu lainnya, yaitu Lolly Suhenti, Herwyn Malonda, Totok Hariyono, dan Puadi.

Diketahui, pada Juli 2022 lalu, Bawaslu RI membuka proses pendaftaran seleksi calon Anggota Bawaslu di 25 Provinsi.

Tercatat, ada 2.815 pendaftar yang diseleksi secara administratif berupa pengecekan syarat-syarat serta dokumen untuk bisa mengikuti tes tertulis.

Setelah pemeriksaan administratif, hasinya ada 2.348 orang yang ikut tes tertulis. Melalui Tim Seleksi, Bawaslu melanjutkan tahapan seleksi ke tahap tes psikologi, tes kesehatan, dan wawancara dalam kurun waktu bulan Juli 2022.

Baca Juga:  Bawaslu segera merekrut Panwascam Pemilu 2024, Herwyn: Naskah pedoman mulai disusun
  • Bagikan