Kabulkan permohonan Alm Louisa Toeasey, PN Manado eksekusi tanah “RM Sakinah” Pumorow

  • Bagikan
Tim kuasa hukum ahli waris Alm Louisa Toeasey selaku Pemohon memantau langsung proses eksekusi tanah yang dilakukan PN Manado di Jln Pumorow, Kelurahan Banjer, Kamis (27/10/2022) sore. Tim Jurusita PN Manado dibantu Anggota Polresta Manado.

Manado, BERITASULUT.co.id – Pengadilan Negeri (PN) Manado pada Kamis (27/10/2022) mengeksekusi sebidang tanah yang selama ini berdiri Rumah Makan Sakinah, yang berlokasi di Jln Pumorow, Kelurahan Banjer, Kecamatan Tikala, Kota Manado.

Eksekusi dihadiri oleh Tim Jurusita PN Manado yang dikòordinir oleh Ahmad Madi SH sebagai Ketua Tim, Anggota Polresta Manado yang dipimpin Kasat Sabhara Kompol Bartho.

Hadir juga tim kuasa hukum ahli waris Alm Louisa Toeasey selaku Pemohon yang juga pemilik tanah pasini berdasarkan register negeri Tikala nomor 45 folio 33.

Mereka berasal dari Tim Kuasa Hukum Rawung N Pitoy Law Firm, yakni Clift Pitoy SH, Antonius Rawung SH, Deddy Rundengan SH, Witlem Pilat SH, Noval Lumentut SH, dan Tonny Kapoh SH.

Clift Pitoy SH menjelaskan, dalam perkara ini Termohon Eksekusi adalah Sumantri Sutan selaku pemilik tanah yang menjadi obyek eksekusi berdasarkan SHM Nomor 1126/Banjer, dimana tanah tersebut diperoleh dari Jules Manembu yang menjadi pihak yang kalah ketika berperkara Keluarga Tuasey sejak tahun 1985 sampai dengan 1998.

“Termohon Eksekusi membeli tanah yang tereksekusi pada tahun 2001 ketika perkara terdahulu sudah berkekuatan hukum tetap/inkracht di tahun 1998. Sehingga secara hukum pembelian menjadi cacat dan batal demi hukum,” ujar Pitoy di lokasi eksekusi.

Dijelaskan pula, pada tahun 2018 ketika eksekusi awal perkara 241/Pdt.G/1985/PN.Mdo, obyek yang tereksekusi saat ini sudah diterbitkan sertifikat baru SHM Nomor 1126/Banjer sehingga obyeknya tidak bisa tereksekusi.

Karena obyek tersebut dipisahkan dari SHM yang menjadi obyek perkara sebelumnya maka ahli waris Tuasey harus memperkarakan obyek tersebut dengan perkara perdata Nomor 469/Pdt.G/2019/PN.Mnd.

“Perkara 469/Pdt.G/2019/PN.Mnd dalam amar putusannya menyatakan SHM Nompr 1126/Banjer tidak memiliki kekuatan hukum yang sah dan mengikat. Putusan PN Manado dikuatkan dengan putusan PT Manado Nomor 83/Pdt/2020/PN.Mnd. Selanjutnya Tergugat tidak mengajukan kasasi sehingga putusan PT menjadi inkracht,” ungkap Pitoy.

(donwu)

  • Bagikan