Richard Sualang ikut rapat pengendalian inflasi, Mendagri minta Pemda optimalkan BTT dan Bansos

  • Bagikan
Wakil Walikota Manado Richard Sualang mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui zoom meeting dari Ruang Rapat Wakil Walikota Manado, Senin (31/10/2022).

Manado, BERITASULUT.co.id – Wakil Walikota Manado Richard Sualang kembali mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui zoom meeting dari Ruang Rapat Wakil Walikota Manado, Senin (31/10/2022).

Rapat ini merupakan rapat lanjutan yang dilaksanakan setiap pekan, dan akan digelar hingga Desember 2022, dan dipimpin langsung Mendagri Tito Karnavian.

Dalam rapat ini, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa inflasi Indonesia berada pada 5,95%

Untuk itu pemerintah melaksankan rapat koordinasi mingguan dalam rangka membahas langkah-langkah konkret terkait pengendalian inflasi di Indonesia.

Hal ini bertujuan agar kepala-kepala daerah dapat melaksanakan monitoring serta menjadikan isu inflasi ini prioritas di daerah masing-masing.

Melalui video conference dari Ruang Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Mendagri meminta Pemerintah Daerah (Pemda) mengoptimalkan Belanja Tak Terduga (BTT) dan Bantuan Sosial (Bansos) untuk mengendalikan inflasi.

“Di sisa dua bulan tahun anggaran, saya meminta Pemda untuk mengoptimalkan anggaran BTT dan Bansos untuk segera direalisasikan. Upaya itu juga dilakukan untuk mengendalikan perekonomian agar tetap stabil di tengah ketidakpastian global,” ujarnya.

Tito juga menyoroti realisasi Bansos di seluruh Pemda sebagai upaya membantu masyarakat yang terdampak inflasi.

“Bansos juga salah satu instrumen untuk menjaga sosial safety net. Jaring pengaman sosial bagi masyarakat kita yang betul-betul mereka perlu dibantu karena ada kenaikan harga-harga, barang dan jasa,” tandasnya.

Dalam rapat ini, Wawali Richard Sualang didampingi sejumlah pejabat Pemkot Manado.

(donwu)

 

 

 

Baca Juga:  Masih ingat Komitmen 953 GSVL-Mor? Berarti ingat 9 PAHAM dan 5 SIAP
  • Bagikan