MTPJ GMIM 14-20 Mei 2023 : Tuhan memimpin perjalanan umat-Nya

  • Bagikan

Pembacaan Alkitab : Keluaran 14:15-31

ALASAN PEMILIHAN TEMA

KEPEMIMPINAN secara umum dipahami sebagai kemampuan mengendalikan, mengarahkan, menuntun, mempengaruhi pikiran dan perasaan serta tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan.

Tuhan Allah memprakarsai dan memelopori perjalanan umat Israel keluar dan tanah perbudakan di Mesir menuju tanah Kanaan.

Kisah penyeberangan laut terbelah yang meluputkan bangsa Israel dan membinasakan Firaun bersama pasukannya, bertujuan supaya umat Israel dan bangsa Mesir bersama raja Firaun mengetahui dan mengakui bahwa YHWH adalah Tuhan Allah dan bukan Firaun dan yang lainnya.

Banyak cara dipakai Tuhan Allah untuk menyatakan otoritas kepemimpinan-Nya melalui para nabi, imam, raja, hakim, rasul supaya umat jangan berpaling dari jalan jalan-Nya.

Dan yang menuntun ke jalan pertobatan bagi yang tersesat. Minggu ini GMIM secara sinodal akan merenungkan tema “Tuhan Memimpin Perjalanan Umat-Nya”.

PEMBAHASAN TEMATIS

Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Kitab Keluaran terdiri dari tiga bagian besar, berdasarkan lokasi peristiwa-peristiwa:

1. Musa memimpin umat Israel keluar dari tanah Mesir
2. Musa memimpin umat Israel di gurun
3. Musa dan umat Israel di gunung Sinai

Bangsa Israel menderita sebagai budak di tanah Mesir, tetapi Tuhan Allah mendengar jeritan mereka, sehingga Musa dipilih-Nya memimpin mereka keluar dari perbudakan.

Baca Juga:  GMIM Getsemani Silian Raya berbagi kasih dengan korban bencana di Manado
  • Bagikan