Kenali 18 Ciri Menopause Dini pada Wanita dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan

Nah, lantas bagaimana cara mengatasi menopause dini pada wanita?

Menopause dini tidak dapat diatasi secara total. Dilansir dari NHS, menopause dini tidak dapat disembuhkan, namun terdapat pengobatan dan perawatan medis yang dapat diberikan untuk mengurangi gejala dan efek sampingnya.

Para wanita yang mengalami menopause dini umumnya akan diberikan pengobatan berupa pil KB atau terapi pengganti hormon untuk mengganti hormon yang hilang di dalam tubuh.

Pengobatan dan perawatan medis tersebut dapat mengurangi gejala dan efek samping menopause, serta mengurangi risiko masalah kesehatan yang disebabkan oleh menopause dini.

Pengobatan tersebut dapat dilanjutkan hingga Anda memasuki usia menopause alami, atau sekitar 51 tahun, untuk melindungi tubuh dari osteoporosis dan masalah kesehatan lainnya yang muncul setelah menopause.

Namun, Anda yang memiliki jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara, tidak dapat melakukan terapi pengganti hormon.

Memahami ciri-ciri menopause dini pada wanita sangatlah penting agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Meskipun tidak dapat diatasi secara total, gejala dan efek samping menopause dini dapat dikurangi sehingga tidak memicu terjadinya masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Anda yang mengalami gejala menopause dini di atas diimbau untuk tidak melakukan diagnosis pribadi serta segera mencari bantuan medis untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

(kompas.com)

Baca Juga:  Manado mulai vaksinasi anak 6-11 tahun, Andrei Angouw harap kerjasama orang tua
  • Bagikan