Terobosan Hebat ODSK! Sulut Bisa Ekspor Langsung Berbagai Komoditi ke Asia Timur

  • Bagikan
Wagub Sulut Steven Kandouw meresmikan Pelayaran Perdana Kargo SITC Kontainer Lines MV SITC Batangas VOY.2403 N dan Pelepasan Ekspor Langsung Sulawesi Utara ke Asia Timur, di Pelabuhan Peti Kemas, Kota Bitung, Kamis (8/2/2024) subuh.

Bitung, BERITASULUT.co.id – Terobosan hebat kembali dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK). Sulut kini bisa mengekspor langsung berbagai komoditi ke Asia Timur.

Ini ditandai dengan Pelayaran Perdana Kargo SITC Kontainer Lines MV SITC Batangas VOY.2403 N dan Pelepasan Ekspor Langsung Sulawesi Utara ke Asia Timur, di Pelabuhan Peti Kemas, Kota Bitung, Kamis (8/2/2024) subuh.

Terobosan ini memang luar biasa. Pasalnya, sebelum mengekspor langsung berbagai komoditi lewat laut, pemerintahan ODSK juga lewat mode transportasi udara sudah on going direct call sampai sekarang dari Narita-Manado-Narita.

Selain ke Jepang, ada juga direct call ke Singapura kali seminggu dan Southern China empat kali seminggu.

Wagub Steven Kandouw mengatakan, keberhasilan melakukan ekspor langsung ini, menurut dia, ternyata hasil kerjasama, hasil kolaborasi pentahelix, kerja gotong royong setelah duduk bersama, punya mindset yang sama, visi yang sama.

“Terima kasih sekali kita boleh melakukan terobosan, melewati tembok tebal yang selama ini menghalangi kita. Dan mulai sekarang kita boleh berbangga dulu karena kita betul-betul menjadi pintu gerbang,” ujarnya.

Dengan adanya SITC perusahaan besar yang masuk ke Bitung, dapat memotong waktu pelayaran 70 persen.

“Bayangkan kalau di sini ke Jakarta masih 4 hari lagi barang masuk ke Indonesia. Kalau pakai pola dulu masih 4 hari baru nyampe, itu baru waktu. Sedangkan costnya ini 50 persen. Jadi ini betul-betul satu lompatan besar,” katanya.

Baca Juga:  Istri Gubernur Sulut langsung lantik Ketua TP-PKK 5 daerah
  • Bagikan