Legislator Ismail Dahab Pertanyakan Strategi Dinkes Sulut Menurunkan Angka Stunting

  • Bagikan
Komisi IV DPRD Sulut melakukan RDP bersama Dinas Kesehatan pada Senin (10/6/2024).

Manado, BERITASULUT.CO.ID – Kasus stunting pada anak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami kenaikan.

Anggota Komisi IV DPRD Sulut Ismail Dahab dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi IV DPRD Sulut bersama Dinas Kesehatan pada Senin (10/6/2024) di Kantor DPRD Sulut, ikut mempertanyakan hal ini.

“Sulut mengalami kenaikan stunting kalau tidak salah 21,3 persen, dan ada 10 kabupaten/kota yang mengalami kenaikan di tahun 2024,” ujarnya.

Ismail pun menanyakan soal strategi dan koordinasi dengan kabupaten dalam menurunkan angka stunting di Sulut seperti apa dan apakah ada dukungan anggarannya.

“Di sini ada 10 kabupaten dan kota di tahun 2023 yang naik yakni Bolmong tahun 2022 19% dan 2023 itu naik menjadi 24%. Manado juga naik dari 18% menjadi 21%. Minahasa itu cukup tinggi 16% menjadi 23%, sehingga dengan beberapa kabupaten yang lainnya,” ungkapnya.

Politisi Partai NasDem ini berharap di tahun 2024 ini koordinasinya benar-benar kuat bahkan dukungan regulasi dan anggaran juga harus ada.

“Ini harus benar-benar, agar stunting ini boleh kita tekan ke angka yang rendah nah,” tuturnya sambari terus bertanya soal target untuk Provinsi Sulut sendiri tahun 2024 ini turun di berapa persen.

Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debbie Kalalo MSc PH mengatakan bahwa upaya yang dilakukan pemerintah sudah ada terbentuk tim terpadu stunting lintas sektor baik di provinsi maupun dengan kabupaten dan kota.

“Jadi bukan hanya lagi hanya di kesehatan tetapi sudah meliputi lintas sektor bersama dengan koordinator dari BKKBN,” ujarnya.

Kemudian ada beberapa kegiatan-kegiatan terpadu yang dibantu dari pusat juga terkait dengan DAK yang ditujukan langsung Puskesmas dan kabupaten/kota serta pelatihan-pelatihan tenaga kesehatan di Puskesmas yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan provinsi koordinasi bersama dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota.

Baca Juga:  Teddy Pontoh Gantikan Nursiwin Dunggio di DPRD Sulut

“Jadi angka stunting bukan dilihat per bulan, tapi tetapi melalui survei yang dilakukan secara nasional yaitu survei kesehatan Indonesia yang dilakukan ini mendapat hasil 21,3 persen untuk angka stunting di Sulut,” terang Debbie.

(ika)

  • Bagikan