Masuk kabinet, Jerry Sambuaga bakal jabat Wakil Menteri Perdagangan

  • Bagikan
Jerry Sambuaga tiba di Istana Kepresidenan.
Jerry Sambuaga tiba di Istana Kepresidenan.

JAKARTA, BERITASULUT.CO.ID – Pengisian Kabinet Indonesia Maju (KIM) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maaruf Amin rupanya masih berlanjut.

Setelah pengumuman dan pelantikan komposisi Menteri, maka Jumat (25/10/2019) hari ini, Presiden Jokowi mulai memanggil para calon Wakil Menteri (Wamen) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Salah satu yang dipanggil adalah politisi muda asal Sulawesi Utara, Jerry Sambuaga. Dia masuk ke Istana sekitar Pukul 09.15 WIB, dengan menggunakan kemeja putih, dan langsung masuk kedalam Istana sambil melambaikan tangan ke awak media.

Mantan Anggota DPR-RI ini akan diplot sebagai Wamen Perdagangan mendampingi Menteri Agus Suparmanto. Itu berarti pos kementerian yang mengurusi perdagangan ini dipimpin oleh kalangan politisi. Agus sebagai kader PKB, sementara Sambuaga kader Partai Golkar.

Masuk di Kemendag, Sambuaga mengaku diminta oleh Presiden Jokowi untuk membantu di sektor perdagangan internasional. Dia mengatakan Jokowi memberi arahan kepadanya terkait isu-isu perjanjian dan perdagangan internasional.

“Bahwa tadi ada penugasan, saya diminta menghadap Bapak Presiden, kami berdiskusi dan Pak pres berikan arahan-arahan terkait isu-isu perjanjian dan perdagangan internasional,” kata Sambuaga, dilansir dari detikcom

Dia menuturkan dirinya diminta mengoptimalkan kebijakan-kebijakan yang kedepannya akan membuat Indonesia semakin memiliki nilai tawar. Secara spesifik, dirinya diminta menyelesaikan perjanjian-perjanjian internasional dan meningkatkan daya ekonomi Indonesia di level internasional.

“Bagaimana Indonesia ke depan bisa mengoptimalkan kebijakan-kebijakan yang bisa membuat Indonesia lebih, membuat bargaining power di kawasan regional dan internasional. Secara spesifik, Bapak Presiden arahkan agar fokus pada perjanjian yang belum selesai, baik regional maupun global. Dan bagaimana memberdayakan ekonomi kita, pengusaha, supaya bisa berekspansi dan meningkatkan perdagangan,” terang Sambuaga.

Masuknya putra politisi senior Partai Golkar Theo Sambuaga ini di kabinet Jokowi-Amin, paling tidak bisa mengobati kekecewaan warga Sulawesi Utara, karena tidak ada satu pun kader yang masuk kabinet.(DONWU)

Baca Juga:  677,2 Triliun anggaran Covid-19, Presiden Jokowi ajak elemen bangsa kawal penggunaannya
  • Bagikan