Ahok disiapkan pimpin Ibukota Negara yang baru

  • Bagikan
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bakal menjabat Kepala Otorita Ibukota Negara RI yang baru.
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bakal menjabat Kepala Otorita Ibukota Negara RI yang baru.

JAKARTA, BERITASULUT.CO.ID – Pemerintah terus mempersiapkan pembangunan Ibukota Negara yang baru di Kalimantan Selatan, menggantikan DKI Jakarta. Nantinya, ibukota baru ini tidak dipimpin oleh Gubernur tetapi Kepala Otorita, pejabat setingkat menteri yang ditunjuk langsung oleh Presiden.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengungkapkan bahwa yang akan menjadi pemimpin di ibukota baru adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Meskipun demikian, ia mengatakan bahwa yang akan menyampaikan secara resmi ke publik adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Nanti akan diumumkan, presiden sudah menunjuk, yang saya tahu begitu (Ahok). Tapi biarah nanti resminya diumumkan presiden,” ujar Luhut usai ditanya apakah Ahok yang akan pimpin ibu kota baru di Istana Negara, Jumat (28/2/2020), dilansir dari jitunews.com.

Terpisah, Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa juga mengatakan ibukota baru akan dipimpin oleh Kepala Otorita. Seluruh urusan pembangunan dan perencanaan, termasuk investasi akan diputus oleh pejabat setingkat menteri tersebut.

“Dia diberikan kewenangan seluas-luasnya nya kecuali 6 kewenangan pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara itu saat ini payung hukum dan master plan ibukota baru tengah dirancang. RUU ibukota negara baru rencananya akan diserahkan kepada DPR untuk dibahas setelah masa reses, atau setelah 22 Maret 2020.

Terkait masterplan, Suharso mengatakan bahwa hal itu akan selesai pada pertengahan tahun ini. Rancangan ini diperlukan untuk menjadi modal bagi pemerintah untuk menarik investor baik dari dalam negeri maupun negara lain.(JTN)

  • Bagikan