Dana lansia Manado, GSVL: Pala’ data samua, jang ada yang ta lewat

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut begitu dekat dengan warga lansia. Foto saat GSVL akrab dengan lansia beberapa waktu lalu sebelum pandemi Covid-19.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut begitu dekat dengan warga lansia. Foto saat GSVL akrab dengan lansia beberapa waktu lalu sebelum wabah Covid-19.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) memastikan dana lansia (lanjut usia) yang menjadi program Pemerintah Kota Manado di tahun 2020 ini akan terlasurkan segera.

Bahkan, Walikota GSVL pada Jumat (15/05/2020) hari ini telah menginstruksikan kepada Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan (Pala’) untuk langsung melakukan validasi dan verifikasi data berjenjang calon penerima bantuan dana lansia.

“Ayo rekan-rekan Camat, Lurah dan para Pala’, segera mendata warga lansia yang berumur 60 tahun keatas, terhitung sejak Desember 2019. Selanjutnya dilakukan validasi dan verifikasi data,” ujar Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini.

Ia kemudian mengingatkan kepada Pala’ yang melakukan pendataan agar jangan ada warga lansia yang terlewatkan dalam pendataan.

“Pala’ harus data samua, jang ada yang ta lewat. Saya minta jangan ada warga lansia yang tidak menerima dana lansia,” tegas Walikota GSVL.

Dan sebagai bentuk transparansi, maka ia meminta para Pala’ membacakan nama-nama warga lansia calon penerima bantuan dana lansia di pengeras suara.

“Dan sebagai fungsi pengawasan dan monitoring, silahkan masyarakat merespon, melalui saran, kritik dan masukan,” tambah Walikota GSVL.

Apa yang dikatakannya ini, sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan rapat melalui video conference (vidcon) dengan pihak-pihak terkait.

Walikota GSVL berujar, jika sebelumnya dana lansia diberikan secara tunai, maka untuk saat ini karena dalam situasi pandemi coronavirus disease 2019 atau Covid-19, akan diberikan secara non tunai.

“Berdasarkan saran atau rekom dari BPK Perwakilan Sulut, dan hasil rapat sepakat bahwa dalam situasi pandemi Covid-19 maka penyaluran dana lansia tahun 2020 ini dengan cara NON TUNAI,” ujar Walikota GSVL.

Baca Juga:  Tambajong: Sampah plastik turut sebabkan banjir di Manado

Ia memastikan calon penerima dana lansia tidak usah khawatir, karena Pemkot Manado akan menyediakan buku tabungan dan kartu ATM BRI.

“Penerima akan diberikan buku tabungan dan kartu ATM,” tegas kepala daerah yang sudah beberapa tahun memprogramkan dana lansia ini.(DONWU)

  • Bagikan