Opsi aktivitas pasar pindah ke Stadion Klabat batal, Walikota GSVL pikirkan cara lain

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut tiap hari selalu koordinasi penanganan Covid-19 mellaui vidcon.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut tiap hari selalu koordinasi penanganan Covid-19 melalui video conference.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Beberapa hari lalu Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) melemppar wacana opsi pemindahan sementara akrtivitas pasar Pinasungkulan Karombasan ke Stadion Klabat, Ranotana.

Usulan salah satu opsi tersebut mengingat rencana penutupan sementara pasar Pinasungkulan, yang diketahui telah menjadi salah satu klaster penyebaran coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Semua pedagang telah dilakukan rapid test oleh Puskesmas Ranotana Weru. Kemudian pasar tersebut akan dibersihkan, disemprot disinfektan, kemudian disterilkan setidaknya 14-30 hari.

Hanya saja, dalam rapat melalui video conference (vidcon) yang dilakukan Senin (18/05/2020) sore yang dipimpin langsung Walikota GSVL, pemindahan sementara pedagang dan aktivitas Pasar Pinasungkulan ke Stadion Klabat sudah tidak dibahas. Itu berarti opsi pemindahan ke Stadion Klabat batal.

Dalam rapat vidcon yang diikuti PD Pasar Kota Manado sore tadi, Walikota mengusulkan opsi lain, yakni membahas opsi rekayasa pasar serta penataan pedagang di jalan-jalan umum sambil tetap menerapkan social distancing dan physical distancing.

Walikota GSVL menegaskan, mengingat semakin seriusnya situasi pasar Pinasungkulan tersebut, maka pedagang maupun pembeli wajib mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan ketat serta disiplin.

“Semua wajib melakukan protokol kesehatan ketat. Pedagang akan diatur jaraknya, kita akan menggunakan jalan di seputaran pasar, untuk sementara dijadikan tempat jualan dengan menggunakan protokol kesehatan dengan jaga jarak,” ungkap Walikota GSVL.

Nantinya opsi tersebut tetap akan dibahas lagi bersama DPRD Kota Manado dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Manado yang terdiri dari Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Danlanudsri, Danlantamal, Kajari, dan Kepala PN.(DONWU)

Baca Juga:  Masuk zona merah, GSVL motivasi PD
  • Bagikan