Pendaftaran pasangan calon hari pertama,  ini catatan Bawaslu Manado

  • Bagikan

MANADO, BERITASULUT.co.id – Secara resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado membuka pendaftaran pasangan calon (paslon) pada tahapan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, terhitung sejak hari ini Jumat, (04/09/2020) hingga Minggu (06/09/2020).

Dihari pertama ini, kantor KPU didatangi pasangan calon Andrei Angouw dan Richard Sualang.

Dalam catatan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Manado, proses pendaftaran paslon tersebut perlu mendapat evaluasi dari semua pihak, baik dari pihak KPU, Kepolisian serta paslon dan seluruh perangkat pendukungnya.

Menurut Taufik Bilfaqih, Anggota Bawaslu Kota Manado, poin utama yang perlu dievaluasi dari proses pendaftaran tersebut adalah terkait prosedur tetap (protap) covid 19.

“Kami melihat kerumunan massa terjadi saat pendaftaran paslon tersebut. Meski bukan di dalam kantor KPU, namun tetap saja harus ada tindakan yang dilakukan pihak aparat, KPU dan termasuk paslon agar mampu dengan sadar mengimbau para pendukung tidak berkerumun tanpa jarak.” Tegasnya.

Bilfaqih mengingatkan, agar pada proses pendaftaran paslon lainnya pada dua hari yang tersisa untuk serius dalam menjaga sebaran virus corona.

“Pilkada kita harus sehat, jangan sampai justru ada kluster baru gegara pendaftaran paslon. Disini dibutuhkan kerja sama semua pihak,” imbuh koordiv Pengawasan, Humas dan Hubal tersebut. (TOAR)

  • Bagikan