Dinas P3A Manado gelar pelatihan PPRG, Sekda Micler beri pemahaman tentang PUG

  • Bagikan
Sekda Kota Manado Micler CS Lakat bersama Kadis P3A Manado Esther Mamangkey dalam giat pelatihan PPRG, Selasa (27/04/2021).

Manado, BERITA SULUT – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Manado kembali terobosan.

Kali ini, instansi pimpinan Esther Mamangkey ini menggelar kegiatan berupa Pelatihan Perencanaan Penanganan Responsif Gender (PPRG) bagi Kepala Perangkat Daerah dan Kasubag Program di Kota Manado tahun 2021, yang digelar di Gravilla Malalayang, Selasa (27/04/2021).

Sekda Kota Manado Micler CS Lakat yang membuka kegiatan tersebut menjelaskan bahwa, Pemkot Manado telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sebagaimana amanat Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000, bahwa Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

“Selayaknya memang pelaksanaan pembangunan harus memperlihatkan keadilan gender menjadi salah satu syarat untuk mencapai hasil pembangunan yang adil gender dan membawa manfaat baik bagi laki-laki maupun perempuan,” ujarnya.

Salah satu syarat untuk mencapai pembangunan yang memperlihatkan keadilan gender adalah analisis gender terhadap masing-masing program pembangunan yang dilaksanaka di semua sektor pembangunan.

“Analisis ini hanya dapat dilaksanakan apabila para perancang program dan para pengambil keputusan memahami tentang keadilan gender dan penerapannya dan program-program pembangunan serta selalu mengikuti isu-isu gender terbaru dalam masyarakat yang terus berkembang,” terang Sekda Micler.

Baca Juga:  Kepala BNPB terkesima dengan perumahan relokasi bencana alam Pandu
  • Bagikan