Ohhh…. ternyata seperti ini kunci belajar Presiden Jokowi saat masih sekolah

  • Bagikan
Presiden Jokowi saat berbincang santai dalam Podcast Mendikbud Ristek Nadiem Makarim para peringatan Hardiknas 2021 secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbud RI, Minggu (02/05/2021).(foto: ist)

Jakarta, BERITA SULUT – Tepat hari ini bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Sudah dua tahun ini tidak ada kegiatan yang melibatkan banyak orang, termasuk upacara yang digelar tiap tahunnya. Itu karena saat ini Indonesia, bahkan dunia, masih sementara melawan Covid-19.

Namun Hardiknas tahun 2021 ini dilakukan cengan cara berbeda oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia menjadi bintang tamu Podcast Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, Minggu (02/05/2021), yang digelar dalam peringatan Hardiknas 2021 secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbud RI, dilansir dari kompas.com.

Ada cerita menarik yang bisa dijadikan panutan bagi kita semua, terutama para siswa/pelajar dan mahasiswa bahkan masyarakat. Kita semua harus menjadi pembelajar sepanjang hidup, sebagaimana pesan penting yang disampaikan Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Menteri Nadiem banyak memberikan pertanyaan kepada Presiden Jokowi. Salah satu yang menarik ialah pertanyaan: “Tipe pelajar apa sih Pak Presiden ketika masih sekolah dan waktu kuliah dulu, Pak?”

Presiden Jokowi pun menjawab dengan santai bahwa dirinya sejak sekolah dari SD hingga kuliah itu orangnya memang tidak mau kalah. Artinya, Jokowi melihat ada temannya yang belajar pada malam hari satu jam, maka Jokowi belajarnya dua jam.

“Saya tahu dia belajarnya satu jam, saya belajarnya dua jam. Habis subuh misalnya teman saya belajarnya 30 menit, saya satu jam,” ucap Jokowi.

Bahkan misalnya ada temannya yang juara satu belajarnya itu dua jam. Maka Jokowi akan belajar selama empat jam. Agar cita-cita terwujud, kenapa dengan cara seperti itu?

“Karena dengan belajar, maka kita semua bisa mewujudkan cita-cita. Bahkan belajar juga bisa dilakukan di mana saja,” ucapnya.

Baca Juga:  Cegah COVID-19 meluas, Walikota GSVL instruksikan libur sekolah 16-27 Maret 2020

Presiden Jokowi yang kala itu aktif sebagai pecinta alam, maka ia juga bisa belajar dari alam.

“Belajar kan tidak hanya di kampus, tetapi di alam pun kita juga bisa belajar,” tukas Jokowi.

  • Bagikan