Ohhh…. ternyata seperti ini kunci belajar Presiden Jokowi saat masih sekolah

  • Bagikan
Presiden Jokowi saat berbincang santai dalam Podcast Mendikbud Ristek Nadiem Makarim para peringatan Hardiknas 2021 secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbud RI, Minggu (02/05/2021).(foto: ist)

Pendidikan yang diperoleh di luar ruang kelas, menurut Presiden Jokowi itu sama pentingnya dengan pendidikan yang kita terima di dalam kelas. Tak hanya itu saja, ternyata Jokowi juga selalu belajar dari kesalahan. Hal ini juga menjadi salah satu kunci kesuksesan Jokowi.

Ia juga tidak pernah putus asa dan senang kompetisi. Hal inilah yang kemudian menjadikan dirinya berani berwirausaha yang dimulai dari nol.

“Kalau kita tidak berani berbuat sesuatu yang kita tahu akan baik untuk perkembangan diri, bahkan baik untuk sesama, saya pikir kita tidak akan bisa maju,” tegas Presiden Jokowi.

Di dalam pekerjaan pun juga sama. Jokowi juga punya rasa ingin tahu dan dengan detil. Bahkan sebagai presiden juga masih suka mencatat apa yang disampaikan menteri-menterinya.

Jadi pembelajar sepanjang hidup, pesan terakhir Presiden Jokowi di Hardiknas 2021 ini ialah jangan berhenti belajar walau sedang pandemi.

“Justru gunakan untuk belajar sekarang ini secara mandiri dan menjadi pembelajar sejati,” terangnya.

Ini karena ilmu dari sekolah atau kampus suatu saat bisa usang atau jadul. Tetapi jika selalu belajar sepanjang zaman, ini akan terus bisa relevan.

“Artinya memang kita harus belajar terus. Menjadi pembelajar sepanjang hidup,” tandas Presiden Jokowi.

 

Baca Juga:  Walikota GSVL semangati peserta seleksi Paskibraka Manado 2020
  • Bagikan