GSVL-Mor resmikan RSUD Berkat Manado Tahap I dan gedung PMI

  • Bagikan
Usai meresmikan RSUD Berkat, Wali Kota Manado GS Vicky Lumemtut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan, mendapat tanda mata sebagai perpisahan dari Dinas Kesehatan yang diberikan Kadis Kesehatan Ivan Marthen dan Ketua DWP Dinkes Manado Ivon Bentelu.(foto: donwu/bsc)

Manado, BERITA SULUT – Di akhir tugas sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado periode 2016-2021, Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Mor D Bastiaan, meresmikan bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkat Kota Manado Tahap I dan gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Manado, Jumat (07/05/2021) sore.

Peresmian rumah sakit dan gedung PMI yang berdiri di Jalan Ringroad I, Kelurahan Taas, Kecamatan Wanea, ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Diawali juga dengan ibadah syukur yang dipimpin Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Melki Tamaka MTh.

Dalam sambutan singkatnya, khusus RSUD, Wali Kota GSVL mengakui bahwa masih ada bagian bangunan yang belum selesai 100%, tapi berterima kasih kepada PT MSI (Persero) yang sudah meminjamkan uang untuk pembangunan gedung.

Dikatakan pula, proses pembangunan memang agak terlambat karena usai diletakkan batu pertama pada Februari 2020, tanpa diduga ada bencana non alam berupa Covid-19 yang menghantam dunia termasuk di Kota Manado.

“Tapi puji Tuhan progresnya luar biasa. Tahun Anggaran 2021 ini juga kami sudah anggarkan untuk kelanjutan progres rumah sakit ini. Kita semua berharap bisa dituntaskan sehingga menjadi berkat bagi masyarakat,” ujar Wali Kota GSVL.

Ia juga bangga, karena Kota Manado kini sudah memiliki RSUD, setelah sekian lama didambahkan masyarakat.

“Rumah sakit ini sesuai izin keluar yakni Tipe C. Tapi kami berharap dalam pelayanan kepada masyarakat nantinya, bukan pelayanan Tipe C tapi kalau bisa pelayanan Tipe A,” pesan Wali Kota GSVL kepada Dinas Kesehatan dan Direksi RSUD Berkat ini.

Kemudian untuk gedung PMI, karena dibangun persis bersebelahan dengan RSUD, diharapkan dapat berkolaborasi dengan RSUD, termasuk dengan RS Khusus Gigi dan Mulut, terkait ketersediaan darah yang dibutuhkan pasien nantinya.

Baca Juga:  Pemkot Manado kembangkan pembangkit listrik dari limbah hewan

Hadir dalam giat tersebut antara lain Kepala BPKP Perwakilan Sulut, Ketua MUI Kota Manado, Ketua TP-PKK Kota Manado yang juga Ketua PMI Kota Manado Prof Julyeta PA Lumentut-Runtuwene, serta Wakil Ketua TP-PKK Kota Manado Imelda Bastiaan-Markus.

Kemudian ada juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado Ivan Marthen, Direktur RSUD Berkat drg Sanil Marentek, serta sejumlah pejabat Pemkot Manado.

Di akhir acara, oleh Dinas Kesehatan Kota Manado menyerahkan kenangan terakhir kepada GSVL-Mor berupa masing-masing foto GSVL bersama isteri, dan Mor bersama isteri, yang menggunakan baju adat Nusa Utara.

  • Bagikan