Mumpung sebaran Covid-19 belum banyak, pengamat sarankan “partial lockdown” di Pulau Sulawesi

  • Bagikan

Manado, BERITA SULUT – Sebaran kasus Covid-19 di Pulau Sulawesi, hingga saat ini masih landai dan belum banyak. Berbeda dengan apa yang terjadi di Pulau Jawa.

Bahkan sejak Sabtu (03/07/2021) hari ini, Pulau Jawa dan Bali sudah diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dan ini akan berlaku sampai 20 Juli 2021 mendatang.

Tujuan PPKM Darurat ini, selain karena ledakan kasus Covid-19, juga ditempuh untuk merespons penyebaran varian baru virus corona yang begitu cepat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kebijakan itu diputuskan dengan mempertimbangkan masukan banyak pihak, mulai dari para menteri, ahli kesehatan, hingga para kepala daerah.

“PPKM Darurat ini akan meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku,” ucap Presiden Jokowi, dilansir dari kompas.com.

Nah, mengingat kasus di Pulau Sulawesi belum bamyak, maka pengamat menyarankan agar para Gubernur se-Sulawesi, segera mengambil langkah strategis agar virus ini tidak cepat menyebar.

Salah satunya, sebagaimana diusulkan pengamat politik dan kemasyarakatan Taufik Tumbelaka, adalah dengan penerapan “partial lockdown”.

Baca Juga:  Dishub Manado semprot cairan disinfektan di mikrolet
  • Bagikan