Kabar baik! Pemerintah akan alihkan status pandemi Covid-19 jadi endemi, ini tahapannya

  • Bagikan

Jakarta, BERITA SULUT – Hampir dua tahun Covid-19 melanda dunia. Banyak yang berubah dengan hadirnya virus mematikan ini. Namun kini, kondisi berangsur pulih.

Karena itu, di Indonesia sendiri, pemerintah mulai menyusun road map atau peta jalan terkait perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto mengatakan, road map bertujuan agar laju penularan Covid-19 dapat dikendalikan dan aktivitas masyarakat kembali normal.

“Tahap persiapannya yaitu preventifnya harus kuat, misalnya vaksinasi harus 70 persen, protokol kesehatan tetap berjalan dengan baik menjadi kebiasaan dalam perilaku masyarakat,” kata Agus, dalam Forum Dialog bersama Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), dilansir dari kompas.com, Rabu (20/10/2021).

Selain itu, program 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan serta 3T (tracing, treatment, dan testing) juga harus bisa dijalankan petugas-petugas yang kompeten dan bisa dipercaya.

Baca Juga:  Cegah dan tertibkan penutupan akses jalan, Pemprov Sulut libatkan TNI-Polri
  • Bagikan