Ternyata remaja putri ini, sosok penyanyi pertama lagu Indonesia Raya pada 1928

  • Bagikan
Foto kenangan Dolly Salim.(ist)

Melansir dari Historia.id dan berbagai sumber lain menyebutkan, setelah selesai Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928, ada orang yang memperingatkan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Dolly Salim yang duduk di depan terkejut saat ia diberikan kehormatan tersebut. Sebab tidak ada panggung yang tersedia, Dolly pun berdiri di atas kursi agar para hadirin dapat melihatnya menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah Kongres Pemuda II, Dolly tetap menjalankan aktivitasnya di Natipij. Namun pada 1932, ia bersama keluarganya pindah ke Yogyakarta.

Di sana ia pun bertemu dengan Mr Soedjono Hardjosoediro dan menikah pada 1935. Mereka dikaruniai empat anak dari pernikahan tersebut.

Tak hanya itu, Dolly juga aktif dalam Wanita Persahi (Persatuan Sarjana Hukum Indonesia) serta Women’s International Club.

Dalam buku 100 Tahun Haji Agus Salim dikatakan bahwa ia pernah menjadi lulusan terbaik di Hogare Buger School (HBS) se-Hindia Belanda.

Di Jalan Kramat Raya No 106, Jakarta untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya, gubahan WR Supratman dikumandangkan pada Minggu 28 Oktober 1928.

Dolly Salim meninggal pada 24 Juli 1990 di usia 77 tahun.

(tempo.co)

Baca Juga:  Sosok Erwin Kontu di mata Franky Mocodompis, rekan masa kecil yang kini jadi mitra kerja di Dinas Kominfo Manado
  • Bagikan