Piala AFF: Indonesia 6 kali runner up, Thailand 6 kali juara, ini daftar kampiun sejak 1996

  • Bagikan
Para pesepak bola dan tim pelatih Timnas Indonesia berfoto bersama usai pengalungan medali Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (01/01/2022). Indonesia runner up usai seri melawan Timnas Thailand dengan skor 2-2 atau kalah agregat 2-6.(foto: ist)

Berikut ini prestasi Indonesia di Final Piala AFF:

Tahun 2000
Indonesia berhasil mencapai final pertama Piala AFF pada 2000. Tim Garuda sebelumnya sukses menjegal Vietnam di laga semi final dengan skor 3-2.

Sayangnya, Indonesia harus mengubur mimpinya untuk meraih juala Piala AFF pertama setelah kalah telak 4-1 dari Thailand.

Tahun 2002
Pada gelaran dua tahun berikutnya, tahun 2002, Indonesia kembali menapakkan kaki di partai final. Bermain di kandang, Indonesia mampu mengimbangi Thailand dengan skor sama kuat 2-2, sehingga memaksa babak perpanjangan waktu.

Akan tetapi, Indonesia harus kembali mengakui keunggulan Thailand dalam drama adu penalti dan kalah 2-4.

Tahun 2004
Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, Timnas Indonesia sukses mencapai partai final AFF. Di partai final Piala AFF 2004, Indonesia menghadapi Singapura dalam dua leg di kandang masing-masing.

Hasilnya, Indonesia kalah dari Singapura dengan agregat 5-2. Rincannya, leg pertama kalah 1-3 dan leg kedua kalah 2-1.

Tahun 2010
Tampil garang sejak awal turnamen di bawah asuhan Alfred Riedl, Indonesia saat itu menjadi tim favorit juala AFF 2010. Indonesia juga diperkuat pemain blasteran Indonesia-Belanda Irfan Bachdim dan pemain naturalisasi asal Uruguay Cristian Gonzales.

Bertemu Malaysia di partai final, Indonesia lebih diunggulkan karena sempat menang 5-1 di penyisihan grup. Sayangnya, Indonesia kalah telak 0-3 dari Malaysia di Kuala Lumpur dan hanya menang 2-1 di kandang. Dengan hasil itu, Indonesia kalah agregat 2-4 dari Malaysia.

Baca Juga:  Forum Generasi Muda Kumelembuai gelar Open Turnamen sepakbola mini Kumelembuai Cup 2020
  • Bagikan