Daftar mutasi terbaru 10 Jenderal TNI: Agus Wakasad, menantu Menko Luhut jabat Pangkostrad

  • Bagikan
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa percayakan Mayjen TNI Agus Subiyanto menjabat Wakasad, dan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menjabat Pangkostrad.

Jakarta, BERITASULUT.co.id – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kembali melakukan mutasi terhadap jajarannya. Ada 328 Perwira Tinggi TNI yang dipindahtugaskan.

Mutasi tersebut teertuang dalam Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa mengatakan, dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya menjabat di satuan-satuan baru TNI yang telah diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Satuan-satuan tersebut, kata Prantara, di antaranya Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

Dari nama-nama tersebut, ada 10 Jenderal TNI yang dirotasi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, salah satunya jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Dalam rotasi ini, Pangkostrad baru dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, yang tak lain adalah menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan,

Tentunya, ini jawaban terhadap posisi Pangkostrad sempat lowong hampir dua bulan, pasca Pangkostrad sebelumnya yakni Jenderal TNI Dudung Abdurachman dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo pada 17 November 2021.

Selain itu, nama Mayjen TNI Agus Subiyanto dan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa juga kena rotasi. Mayjen Agus dipercayakan menjabat Wakasad.

Berikut 10 Jenderal TNI dalam jabatan yang baru…..

Baca Juga:  Jenderal Andika tunjuk mantan ajudan Presiden Jokowi jabat Danjen Kopassus
  • Bagikan