Jangan berhenti berusaha, ini tips memulai bisnis di masa pandemi

  • Bagikan

BERITASULUT.co.id – Masa pandemi Covid-19 masih dirasakan hingga saat ini, dan seakan tidak pernah selesai. Namun, kondisi ini tidak lantas membuat Anda harus berhenti berusaha.

Dengan pola pikir yang tepat dalam berbisnis, siapapun bisa memulai usaha sendiri, meski dengan kondisi yang serba sulit.

Untuk memulai bisnis sendiri di masa pandemi memang tidak mudah. Namun, tidak juga dianggap sulit, selama Anda tahu bagaimana caranya.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk memulai bisnis di masa pandemi!

● Bentuk Mindset yang Tepat

Pola pikir atau mindset ini menjadi kunci awal seseorang bisa terbebas dari kondisi yang serba sulit. Seperti dalam kondisi pandemi yang kebanyakan orang menunggu peluang datang.

Pola pikir seperti ini haruslah diubah, bahwa peluang tidaklah datang dengan sendirinya. Peluang tersebut harus dibentuk dan dibuat sendiri.

Cara untuk membuat peluang tersebut adalah dengan membaca situasi, dan mencoba untuk membuat peluang itu sendiri. Dengan usaha yang dilakukan secara konsisten, maka peluang tersebut akan datang dan membuahkan hasil.

● Pilih Usaha yang Dikuasai

Sebuah usaha akan lebih mudah dijalankan ketika seseorang menguasai bidang usaha tersebut. Apalagi jika usaha tersebut juga merupakan bidang yang disukai atau menjadi kegemaran yang sudah lama dimiliki.

Tentunya jenis usaha seperti ini akan lebih mudah dijalankan. Anda juga tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui berbagai macam hal terkait dengan bidang tersebut.

Pengetahuan yang baik tentang sebuah bisnis ini tentunya akan berpengaruh pada pengetahuan pasar. Anda akan tahu apa keinginan pasar, seberapa besar permintaannya, dan apa saja produk-produk yang laris.

● Promosikan Lewat Teman-Teman Terdekat

Sebuah bisnis yang dipromosikan langsung oleh konsumen akan lebih mudah dipercaya. Anda bisa meminta teman-teman untuk mempromosikan bisnis baru Anda tersebut. Mintalah mereka untuk merekomendasikan kepada orang-orang terdekatnya, sehingga secara berangsur-angsur akan membuat pelanggan semakin bertambah.

Selain sangat efektif mendapatkan banyak pelanggan, promosi melalui teman ini tidak membutuhkan biaya yang besar. Jadi, ajak keluarga dan teman-teman Anda untuk mencoba produk Anda, kemudian minta mereka untuk mempromosikannya.

Tentunya, Anda juga harus berani menjamin bagaimana kualitas produk yang dimiliki. Semakin baik kualitas dan harga yang Anda tawarkan, tentunya akan lebih mudah diterima oleh para pelanggan.

● Promosi di Media Sosial Secara Aktif

Cara promosi selanjutnya yang juga sangat efektif adalah dengan promosi di media sosial. Secara rutin, Anda harus punya konten-konten yang menarik dalam menawarkan produk yang dimiliki.

Promo melalui media sosial ini bisa menjangkau banyak orang. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fitur di media sosial yang khusus diperuntukkan untuk promosi. Misalnya facebook ads, google ads, instagram ads, dan lain sebagainya.

Namun, bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya lebih, Anda harus kreatif dan konsisten dalam melakukan promosi di media sosial ini.

● Mulai Bisnis Sekarang Juga dengan Modal dari Tunaiku

Tidak perlu bingung untuk mendapatkan modal. Sekarang ini Anda bisa mendapatkan pinjaman modal melalui aplikasi pinjol terpercaya, Tunaiku. Aplikasi ini menyediakan modal terbaik bagi Anda dengan mudah dan cepat.

Tunaiku menyediakan pinjaman modal usaha mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta, tanpa agunan! Hanya dengan KTP, Anda bisa memulai bisnis di masa pandemi dengan sangat mudah.

Tidak perlu khawatir tentang Tunaiku, karena Tunaiku terdaftar di OJK. PT Bank Amar Indonesia Tbk yang merupakan induk Tunaiku ini telah diawasi OJK sejak 2014 dan mendapatkan sertifikasi ISO 27001 tentang informasi keamanan sistem yang diakui secara internasional.

Ingin dapatkan modal usaha, simak Simulasi Tunaiku! Itulah tips memulai bisnis di masa pandemi yang harus Anda lakukan. Ambil peluang Anda, dan segera mulai bisnis dengan modal yang mudah dari Tunaiku sekarang juga!

(*)

  • Bagikan