Besok Jokowi kumpul Gubernur Olly Cs di IKN Nusantara, wajib bawa 1 liter air dan 2 kg tanah

  • Bagikan

Samarinda, BERITASULUT.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkemah di titik nol Ibukota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) selama dua hari satu malam, yakni Minggu (13/03/2022) besok hingga Senin (14/03/2022) lusa.

Rencana tersebut, Presiden Jokowi mengajak semua gubernur dari 34 provinsi di Indonesia.

Menariknya, semua gubernur termasuk Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey wajb membawa satu liter air dan dua kilogram tanah dari masing-masing provinsi ke lokasi IKN Nusantara, untuk dimasukan dalam kendi bernama Kendi Nusantara.

Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim, HM Syafranuddin mengatakan, tanah dan air yang dibawa para gubernur akan dimasukkan ke dalam kendi sebagai titik awal pembangunan IKN.

“Kendinya terbuat dari tembaga dan ukuran besar. Kendi itu letaknya di titik nol IKN Nusantara,” ujarnya, dilansir dari kompas.com, Sabtu (12/03/2022).

Kemudian untuk rencana berkemah, dari 34 gubernur hanya aka nada lima gubernur yang yang akan berkemah bersama Presiden Jokowi di lokasi IKN Nusantara.

Lima gubernur itu yakni yang berada di Pulau Kalimantan, yakni Gubernur Kalimantan Timut (Kaltim), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Adapun terkait persiapan berkemah, Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan, semua persiapan di lokasi kemah telah dipersiapkan matang, meliputi jaringan listrik, telekomunikasi, persediaan air bersih, hingga tenda dan perlengkapan inap Jokowi.

“Semua persiapan tersebut terlaksana setelah bekerjasama dan berkoordinasi dengan Sekretariat Negara,” ujarnya.

(komc/bsc)

Baca Juga:  Seberapa penting Atta-Aurel sampai-sampai Jokowi-Prabowo jadi saksi nikahnya
  • Bagikan