Gubernur Olly bawa tanah dan air ke IKN Nusantara diisi dalam “Belanga Tanah” dan “Buluh”

  • Bagikan
Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyerahkan tanah yang diisi dalam Belanga Tanah dan air yang diisi dalam Buluh, diserahkan ke Presiden Jokowi yang kemudian menuangnya di Kendi Nusantara.

Penajam Paser Utara, BERITASULUT.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengmpulkan para gubernur se-Indonesia di titik nol Ibukota Negara (IKN) Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (14/03/2022) hari ini.

Tak hanya datang membawa diri, namun Presiden Jokowi mewajibkan 34 gubernur membawa tanah dan air yang dibawa dari provinsi masing-masing.

Tanah dan air itu kemudian dituang di dalam sebuah kendi yang dinamakan Kendi Nusantara dalam sebuah prosesi yang dipimpin langsung Presiden Jokowi.

Semua tanah dan air yang dibawa masing-masing gubernur atau yang mewakili dicampur di dalam kendi tersebut.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey hadir langsung dan membawa tanah yang diisi dalam Belanga Tanah atau kuali yang terbuat dari tanah liat, dan air yang diisi dalam Buluh atau bambu.

“Hari ini bersama Presiden Joko Widodo dalam upacara prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara yang dibawa dari Sulut di Titik Nol Ibu Kota Nusantara. Saya membawa tanah dan air dari Sulawesi Utara yang diisi dalam ‘Belanga Tanah’ dan ‘Buluh’,” ujar Gubernur Olly.

Baca Juga:  Jokowi hargai hasil survei kinerjanya menurun
  • Bagikan