MTPJ GMIM 27 Maret – 2 April 2022 (Minggu Sengsara IV) : Hindarilah dendam

  • Bagikan

Tema Bulanan : Meningkatkan Integritas, Kompetensi dan Soliditas Pelayanan
Tema Mingguan : Hindarilah Dendam
Pembacaan Alkitab : Markus 6:14-29

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Dendam itu berbahaya dan mematikan. Selama dendam belum terlampiaskan, maka selama itu pula ia bisa merusak jiwa pemiliknya dan mengancam nyawa orang lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dendam adalah berkeinginan keras untuk membalas (kejahatan dll). Dendam merupakan salah satu penyakit hati yang hanya bisa membuat kita lebih menderita.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal psychological science (harian Kompas, 19 september 2014) menyatakan bahwa menyimpan rasa dendam dan sakit hati itu berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik seseorang.

Selain dapat meningkatkan rasa cemas, stres dan frustasi, rasa dendam dan sakit hati yang dipendam selama bertahun-tahun dapat menyebabkan orang berisiko terkena serangan jantung, tekanan darah tinggi, nyeri lambung, sakit kepala dan bahkan kanker.

Kesulitan untuk mengampuni orang yang menyakiti kita, merupakan sumber utama terjadinya dendam. Realita hidup itu tak selalu indah atau menyenangkan.

Kita tidak hanya berdampingan dengan orang-orang yang selalu membuat kita bahagia tapi juga kita bisa bertemu dengan orang-orang yang bisa menyakiti dan mengecewakan kita.

Ironisnya, masih banyak orang Kristen yang menjalani hidup ke-Kristenannya dengan dibelenggu dendam meski secara kasat mata mereka nampak rajin beribadah bahkan sudah melayani Tuhan.

Baca Juga:  Khadim ibadah HUT 56 JSPS Pakowa, Pnt JPAR: Hikmat Allah kunci sukses kehidupan orang percaya
  • Bagikan