Advokat Clift Pitoy Cs kirim “surat cinta” untuk Kapolri Sigit terkait oknum anggota Polresta Manado atas kasus ini

  • Bagikan
Advokat Clift Pitoy.

Manado, BERITASULUT.co.id – Dua oknum anggota Polresta Manado terpaksa dilaporkan ke Mabes Polri.

Adalah advokat Clift Pitoy SH dan Charles Sangkay SH, yang mengirimkan “surat cinta” berupa surat permintaan keadilan kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait penanganan perkara di Polresta Manado, Polda Sulawesi Utara, Senin (22/8/2022) lalu.

Dalam surat tersebut, keduanya mempertanyakan hasil gelar perkara khusus pengaduan masyarakat (dumas) yang sudah dilaksanakan pada tanggal 25 April 2022 terkait dengan Laporan Polisi Nomor LP/B/477/X/2020/SPKT tertanggal 19 Oktober 2020 tentang laporan penyerobotan tanah milik Ny Nancy Howan yang dilakukan oleh MT (pemilik bangunan eks RM Dego-dego), yang terletak di Jalan Garuda, Kelurahan Wenang Utara, Manado.

“Kami sebagai kuasa hukum saat ini sementara melakukan pengaduan terhadap kinerja dari oknum penyidik Polresta Manado yang tidak melaksanakan rekomendasi dari hasil gelar perkara khusus di Polda Sulut pada tanggal 25 April 2022 lalu,” ujar Pitoy, Jumat (2/9/2022) kemarin.

Ia menjelaskan, seharusnya dalam rekomendasi gelar perkara tersebut, perkaranya segera ditingkatkan ke tahap penyidikan.

“Tetapi berdasarkan gelar perkara yang dilaksanakan kembali oleh oknum penyidik Polresta Manado tertanggal 10 Agustus 2022 lalu, menghasilkan laporan dihentikan,” ungkap Pitoy.

“Seharusnya penyidik wajib menjalankan hasil dari gelar perkara khusus di Polda Sulut tersebut, bukannya melakukan gelar perkara ulang lagi,” katanya lagi.

Hal ini, lanjut Pitoy, berdasarkan Perkap Nomor 6/2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana khususnya Pasal 9 ayat 2a, maka rekomendasi gelar perkara tanggal 25 April 2022 lalu harus ditingkatkan ke tahap penyidikan, dan tidak diperlukan lagi untuk dilakukan gelar perkara ulang.

“Dalam Perkap Nomor 6/2019 tidak mengatur gelar perkara dilaksanakan berulang-ulang, apalagi gelar perkara sudah dilaksanakan di tingkat Polda. Sehingga penyidik Polresta Manado yang memeriksa LP/B/477/X/2020/SPKT tanggal 19 Oktober 2020 wajib melaksanakan rekomendasi dari gelar perkara khusus di Polda Sulut,” tegas Pitoy.

Baca Juga:  Pnt GSVL dapat kehormatan jadi khadim ibadah Polda Sulut sekaligus pamitan
  • Bagikan