Akhirnya! Harga BBM resmi naik hari ini, Pertalite jadi Rp10.000, Solar Rp6.800

  • Bagikan
Aktivitas salah satu SPBU di Kota Manado. Inzet: Presiden Joko Widodo.

Jakarta, BERITASULUT.co.id – Keresahan masyarakat akan naikknya harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi akhirnya terjadi Sabtu (3/9/2022) hari ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan kenaikan harga BBM mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax. Harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada pukul 15.00 WIB.

“Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian,” ujar Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, dilansir dari kompas.com.

Jokowi mengatakan dirinya sebenarnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi APBN. Namun dia mengatakan anggaran subsidi BBM terus naik.

“Tetapi anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat 3 kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan akan meningkat terus,” katanya seperti diberitakan detik.com.

Jokowi mengatakan saat ini subsidi BBM lebih banyak digunakan kelompok ekonomi mampu yakni sebanyak 70%. Dia mengatakan dinaikkannya harga BBM menjadi pilihan terakhir pemerintah.

“Seharusnya uang negara itu diprioritaskan untuk memberi subsidi kepada masyarakat yang tidak mampu. Dan saat ini pemerintah harus membuat keputusan di waktu yang sulit,” ucapnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif selanjutnya menjabarkan kenaikan harga BBM yakni sebagai berikut:

– Harga Pertalite dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10.000 per liter

– Harga Solar Subsidi dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter

– Harga Pertamax dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter

Diketahui, wacana kenaikan harga BBM bersubsidi mencuat dalam beberapa waktu terakhir seiring membengkaknya nilai subsidi energi yang mencapai Rp502 triliun.

Baca Juga:  Seberapa penting Atta-Aurel sampai-sampai Jokowi-Prabowo jadi saksi nikahnya
  • Bagikan