Jokowi minta Presiden Filipina buka lagi penerbangan Manado-Davao dan revitalisasi jalur kapal Roro Bitung-Davao

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo dan isteri bersama menyambut Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr dan isteri saat kunjungan kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (5/9/2022) kemarin.(foto: ist)

Bogor, BERITASULUT.co.id – Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr bersama isteri melakukan kunjungan kenegaraan di Indonesia, Senin (5/9/2022) kemarin.

Ini adalah kunjungan kenegaraan perama bagi Marcos Jr setelah dilantik sebagai Presiden Filipina beberapa hari lalu. Keduanya disambut oleh Presiden Joko Widodo bersama isteri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengajak Presiden Marcos Jr untuk membuka kembali rute penerbangan Manado Sulawesi Utara, ke Davao Filipina. Rute ini sebelumnya pernah diluncurkan pada 2019, tapi ditutup sementara sejak pandemi Covid-19.

“Saya mengajak Filipina untuk terus mengembangkan potensi perdagangan dan juga konektivitas di wilayah perbatasan,” ujar Jokowi dalam keterangan pers bersama dengan Marcos Jr.

Selain rute penerbangan, Jokowi juga mengusulkan revitalisasi jalur Kapal Roro Bitung ke Davao. Di Bitung, Jokowi sudah membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terhubung dengan tol ke Kota Manado.

Terkait penerbangan, sebelumnya pada 27 September 2019, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan bahwa maskapai mereka resmi melayani rute penerbangan Manado-Davao PP (Pulang Pergi).

Saat itu, penerbangan ini dioperasikan dengan armada ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang (all economy class) sebanyak 2 kali per minggu, yakni pada hari Senin dan Jumat.

Penerbangan Manado-Davao saat itu beroperasi dengan nomor penerbangan GA 7401 yang berangkat dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado pada pukul 10.30 WITA.

Sedangkan penerbangan Davao-Manado akan beroperasi dengan nomor penerbangan GA 7402 yang berangkat dari Bandara Internasional Francisco Bangoy pada pukul 13.15 (local time).

Baca Juga:  Ajakan Presiden Jokowi di Idul Adha 1442 H: Optimalkan ikhtiar lahiriah dan batiniah hadapi pandemi
  • Bagikan