Helga Mosey : Sipades memudahkan mengelola aset desa yang transparan dan akuntabel

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan aset desa di Hotel Arya Duta, Manado, 7 sampai 9 September 2022, pekan lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh 135 operator desa se-Kabupaten Mitra dan dibuka oleh Sekretaris Daerah David Lalandos.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi tentang kodefikasi aset desa dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Mitra, Inspektorat Mitra, serta dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Mitra dan pengelolaan aset desa dari Dinas PMD setempat.

Kepala Dinas PMD Mitra, Helga Mosey mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam pembangunan dan pengembangan aplikasi Sistem Pengelolaan Aset desa (Sipades) yang bertujuan untuk menertibkan kepemilikan aset sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga meminimalisir resiko hilangnya aset desa.

“Sistem Pengelolaan Aset desa (Sipades) merupakan aplikasi pencatatan administrasi aset desa yang dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan pedoman umum kodefikasi aset desa yang dapat terwujud dengan tertib, efektif dan optimal sesuai prinsip-prinsip pengelolaan aset,” terang Mosey, Kamis (15/9/2022).

Lebih lanjut Mosey menerangkan, Sipades memudahkan hukum tua dan perangkat desa dalam mengelola aset desa yang transparan dan akuntabel. Harapannya semua desa menginventarisir dan melaporkan semua aset desa melalui aplikasi Sipades. (HENGLY)

Baca Juga:  Welly Ngangi korban hanyut akibat banjir bandang akhirnya ditemukan
  • Bagikan