MTPJ GMIM 23-29 Oktober 2022 : Air Kehidupan yang memulihkan

  • Bagikan

Dan banyak orang Samaria dari kota itu telah menjadi percaya kepada-Nya karena perkataan perempuan itu, yang bersaksi: (39) Luar biasa! Air Kehidupan mengubah perempuan Samaria yang terkesan tidak bermoral menjadi saksi dan pembawa berita keselamatan.

Ia membawa warga kotanya kepada Yesus! “Dan lebih banyak lagi orang yang menjadi percaya karena perkataan-Nya, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar- benar Juruselamat dunia” (Ayat 41,42).

Makna dan Implikasi Firman

1. Di dalam Yesus kasih Allah dinyatakan tanpa bersyarat (asal-usul, masa lalu dan latar belakang). Dia yang penuh belas kasihan lebih melihat kepada “hati” umat-Nya.

Tuhan sungguh mengetahui pergumulan dan kebutuhan umat-Nya, karena itu Dia menjumpai kita tidak sekedar menawarkan Air Hidup untuk memenuhi kebutuhan jasmani semata, tapi menganugerahkan Air Kehidupan Sorgawi yang terus menerus memancar tiada habisnya sampai pada kekekalan.

2. Yesus menginginkan kita memiliki hati yang lapang terbuka mengungkapkan kebenaran sebagai pintu masuk anugerah kasih Allah yang membawa umat kepada keselamatan dan hidup kekal.

Kemanusiaan kita yang lemah dan terbatas serta berdosa dipulihkan oleh Air Kehidupan Sorgawi dari Yesus Sang Juruselamat.

Milikilah selalu keyakinan bahwa Yesus yang sanggup memulihkan perempuan Samaria, maka Yesus yang sama akan memulihkan jasmani dan rohani kita serta mengembalikan pada status dan kedudukan yang terhormat serta mulia, menjadi anak-anak-Nya.

3. Berilah diri untuk dibersihkan oleh Air Kehidupan dari Yesus yang tidak pernah habis, tetapi terus melimpah dicurahkan untuk umat beriman.

Kalau tubuh jasmani kita bisa lemas jika kekurangan air, maka tubuh rohani kitapun bisa layu dan mati apabila tidak disiram dengan “Air hidup” yang adalah Firman Tuhan.

Baca Juga:  MTPJ GMIM 6-12 Maret 2022 (Minggu Sengsara I) : Membangun spiritual melalui puasa diakonal

Demikianpun kehidupan rohani umat, hendaklah senantiasa diperhatikan pertumbuhannya dengan menyiram “Air hidup”, dari Yesus sumber Air Kehidupan.

  • Bagikan