Sekilas tentang Viktory Rotty, ex Pengawas TPS yang kini menjadi “hakim” pengelenggara pemilu di Sulut

  • Bagikan
Viktory NJ Rotty.

Manado, BERITASULUT.co.id – Dr Viktory Nicodemus Joufree Rotty MTheol MPd, menjadi salah satu unsur masyarakat yang dipercaya menjadi Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2022-2023.

Ia akan bekerjasama dengan Taufik Pasiak dari unsur masyarakat, Salman Saelangi dan Lanny Ointoe dari unsur KPU Sulut, serta Ardiles Mewoh dan Awaludin Umbola dari unsur Bawaslu Sulut.

Mereka dikukuhkan oleh Ketua DKPP RI Heddy Lugito bersama dengan dengan 204 Anggota TPD seluruh provinsi di Indonesia yang dipusatkan di Yogyakarta, Selasa (01/11/2022) kemarin.

Sekilas tentang Dr Viktory NJ Rotty MTheol MPd.

Mner Itoy, sapaan akrab akademisi Universitas Negeri Manado (Unima) ini, bukanlah orang baru di dunia kepemiluan karena pernah menjabat sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung periode 2013-2018.

Mantan Komisi Pemuda Sinode GMIM ini juga pernah beberapa kali menjadi Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu di beberapa kabupaten dan kota di Sulut.

Bahkan pada pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bitung tahun 2020 lalu, ia mengambil bagian menjaga tongkat demokrasi menjadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Kala itu, Ketua Karang Taruna Kota Bitung 2015-2020 ini bergabung sebagai penyelenggara di tingkat Pengawas TPS karena ia mengkalim bahwa dasar dari setiap pesta demokrasi itu adalah wadah pendidikan politik bagi seluruh masyarakat.

Tak hanya di daerah sendiri, terbaru ia dipercaya menjadi Tim Seleksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Barat periode 2022-2027.

Baca Juga:  Catut nama penyelenggara pemilu di Sipol, oknum pengurus Partai Ummat Minsel bakal dipolisikan
  • Bagikan