Mengenal Bataha Santiago, Raja dari Sangihe yang Kini Digelari Pahlawan Nasional

  • Bagikan

Jakarta, BERITASULUT.co.id – Bataha Santiago mendapat gelar pahlawan nasional. Gelar ini diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan diterima keluarga Bataha Santiago di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023) atau tepatnya di Hari Pahlawan.

Penetapan Bataha Santiago sebagai pahlawan nasional dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH-2023 tanggal 6 November 2023.

Lalu, siapa sosok Bataha Santiago? Ini informasinya.

Dikutip dari situs Kebudayaan Kemdikbud, Bataha Santiago adalah Raja Manganitu, yang memerintah pada tahun 1670 sampai 1675.

Bataha Santiago merupakan raja ketiga Manganitu yang wilayahnya kini berada di Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut situs Diskominfo Provinsi Sulut, Bataha Santiago adalah sosok yang memiliki jiwa dan sikap gotong-royong yang kuat.

Bataha Santiago juga dikenal dengan pendirian teguhnya, di mana seluruh kegiatan rakyat harus dikerjakan bersama-sama. Gagasannya ini dikenal dengan sebutan ‘Banala Pesasumbalaeng’.

Bataha Santiago juga bercita-cita untuk mempersatukan kerajaan-kerajaan di wilayah Kepulauan Sangihe-Talaud serta mempertahankan diri dari penjajahan yang dilakukan oleh Belanda.

Baca Juga:  Sosok Polwan ajudan terakhir Presiden Soekarno meninggal dunia
  • Bagikan