MK Bacakan Putusan 6 dari 8 Perkara PHPU di Sulut, Berikut Amar Putusannya

  • Bagikan

Jakarta, BERITASULUT.CO.ID – Enam dari delapan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk daerah Sulawesi Utara (Sulut), yang telah diregistrasi oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dibacakan putusannya secara bersamaan dengan perkara dari provinsi lainnya, dan dibacakan bergiliran oleh 9 Hakim MK di Gedung MK, Jakarta, Rabu (22/5/2024) hari ini.

Keenam perkara tersebut terdiri dari 1 perkara PHPU untuk Pemilu Anggota DPRD Provinsi Sulut Dapil Sulut 4, dan 5 perkara PHPU Anggota DPRD Kabupaten.

Lima Perkara PHPU DPRD Kabupaten/Kota tersebar di 4 daerah yaitu Kabupaten Minahasa (2 perkara), Kabupaten Minahasa Selatan (1 perkara), Kota Manado (1 perkara), dan Kota Kotamobagu (1 perkara).

Sebagaimana diketahui, perkara PHPU telah mulai disidangkan tanggal 3 Mei 2024 dengan agenda mendengarkan pembacaan permohonan pemohon. Sidang kemudian dilanjutkan tanggal 14 Mei 2024 dengan agenda pembacaan jawaban Termohon (KPU), keterangan Bawaslu dan Pihak Terkait.

Dengan dibacakannya putusan terhadap 6 perkara dari total 8 perkara, maka masih terdapat 2 perkara akan lanjut dengan sidang pemeriksaan dengan agenda pemeriksaan bukti dan saksi yang akan digelar dalam rentang tanggal 27-29 Mei 2024.

Dua perkara yang masih lanjut adalah perkara perselisihan hasil untuk Pemilu DPRD Provinsi Dapil Sulut 1 yang diajukan caleg Partai Demokrat Harley Mangindaan, serta perkara perselisihan hasil untuk Pemilu DPRD Kabupaten Minahasa Dapil Minahasa 5 dengan Pemohon Partai Amanat Nasional (PAN).

Adapun rincian putusan terhadap 6 perkara adalah……

Baca Juga:  Komisioner KPU Mitra Aulia Syukur Hadiri Rakor Bersama Bawaslu Sulut
  • Bagikan