Bank SulutGo siapkan suksesi jabatan untuk calon pemimpin

  • Bagikan
Dirut BSG Jeffry Dendeng didampingi Dirum Revino Pepah bersama sebagian peserta wisuda ODP.
Dirut BSG Jeffry Dendeng didampingi Dirum Revino Pepah bersama sebagian peserta wisuda ODP.

MANADO, BERITASULUT.co.id – PT Bank SulutGo (BSG) telah melaksanakan wisuda Officer Development Program (ODP) tahun 2020-2021, yang digelar di lantai 5 Kantor Pusat BSG, 19 Februari 2021 lalu.

ODP adalah program pengembangan yang dirancang perusahaan bagi karyawan potensial sebagai bentuk apresiasi bagi karyawan untuk dipersiapkan menjadi calon pemimpin.

Karyawan tersebut tentu yang memiliki keahlian di bidangnya, memiliki integritas dan berkualitas untuk menjadi change agent manajemen dalam membangun budaya kerja yang kondusif dan organisasi yang unggul.

Direktur Utama BSG Jeffry Dendeng mengatakan, ODP merupakan bagian dari rencana manajemen untuk membentuk talent pool dalam rangka suksesi jabatan untuk calon pemimpin.

“Tujuannya kami mempersiapkan calon pemimpin yang berintegritas, standard kerja tinggi, gotong royong dan orientasi pada pelanggan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya,” ujar Jeffry Dendeng didampingi Direktur Umum BSG Revino Pepah.

Diketahui, proses seleksi ODP terbagi dalam 2 tes yaitu tes tertulis dan assessment. Untuk tes tertulis telah dimulai sejak 28 September 2019 dengan jumlah peserta 250 orang meliputi 3 wilayah yaitu:
– Manado, Minahasa, Bitung, Sangihe dan Talaud
– Provinsi Gorontalo
– Kota Kotamobagu

Sementara, pelaksanaan assesment meliputi psikotes dan Leaderless Group Discussion (LGD) dan dilakukan oleh pihak ketiga yaitu Prasetiya Mulya by ELICA (Executive Learning Center For Assessment) pada 1-2 November 2019.

Untuk assesment diikuti oleh 59 peserta dari 60 orang yang dijadwalkan, lalu dipilih 40 orang sebagai peserta ODP.

Proses pun dilanjutkan pada pelaksanaan program ODP yang berlangsung sejak 20 JanuarI 2020-25 Januari 2021 dengan jumlah peserta yang tersisa 33 orang dan dibagi dalam 2 batch.

Selain dari internal BSG, para pelatih pun berasal dari luar di antaranya:
– RINDAM XIII/Merdeka
– Dunamis pada materi 7 Habits of Highly Effective People
– Prasetiya Mulya pada materi Design Thinking for Business Innovation dan Marketing in Digital World
– Global Talent pada materi Presentation and Communication Skill
– LPPI pada materi pembekalan General Banking I
– LSPP pelaksana Uji Kompetensi General Banking I

Baca Juga:  Dorong pemulihan ekonomi, pegawai Bank SulutGo mulai divaksin Covid-19

Berbagai metode pelatihan pun diberikan hingga pada akhir program peserta mendapatkan pembekalan oleh LPPI serta Uji Kompetensi General Banking 1 oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP) dengan hasil seluruh 33 peserta dinyatakan lulus atau kompeten.

“Setelah melewati proses panjang tersebut, saya berharap para peserta dapat memanfaatkan ilmu yang didapat selamat pelatihan dengan baik,” tukas Jeffry Dendeng.(TOAR)

  • Bagikan