Pesan Paskah PGI 2021: Kita masih menangis, namun bukan tanpa harapan

  • Bagikan

Ketika menghadapi ketakutan dan kesedihan, Maria Magdalena, yang dalam Injil Yohanes dicatat sebagai orang pertama yang pergi ke kubur Yesus, bertambah sedih menemui kubur yang kosong. “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan,” (Yoh. 20:2) serunya ketika berlari dan mendapati Simon Petrus dan murid yang lain.

Dalam dukanya, Maria menangis. Ketika Maria kembali lagi ke dalam kubur, dia tidak mengenali malaikat yang bertanya kepadanya, “Ibu, mengapa engkau menangis?” Karena fokusnya adalah mencari Yesus, Maria tidak merasa bahwa situasi berhadapan dengan kedua sosok yang ditemuinya dalam kubur Yesus setelah tubuh Yesus tidak ada lagi terasa aneh.

Setelah menjawab mereka, “Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan” (Yoh. 20:13), Maria menoleh ke belakang dan melihat seseorang (Yoh. 20:14). Kata “menoleh” (Yun. estraphē) melibatkan gerakan berputar dan melihat.

Sama seperti ketika Maria melihat dua malaikat, Maria juga tidak merasa aneh akan kehadiran sosok ketiga, yang juga bertanya, “Ibu, mengapa engkau menangis?” Hanya saja sosok yang baru ini sepertinya memahami bahwa Maria sedang mencari seseorang.

Baca Juga:  Hadirkan 4 tokoh nasional, besok FKUB Manado gelar diskusi kerukunan
  • Bagikan