Terbaru! Ini 10 besar orang terkaya di Indonesia 2021, ada 3 bos media

  • Bagikan
Meskipun sudah bertahun-tahun menjadi orang terkaya di Indonesia, namun Michael Hartono kerap makan di pinggir jalan. Ia juga menjadi atlet tertua Indonesia saat mendapat medali perunggu di Asian Games 2018.(foto: istimewa)

JAKARTA, BERITA SULUT – Forbes kembali merilis daftar orang terkaya dunia di tahun 2021 ini. Nama Jeff Bezos, pendiri Amazon itu menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan senilai US$177 miliar atau Rp2.560 triliun.

Lantas bagaimana di Indonesia? Untuk daftar 12 orang terkaya di Indonesia, nama-nama lama masih menghiasi.

Sebut saja duo Hartono dan Prajogo Pangestu. Namun ada juga nama baru dalam daftar ini. Dia adalah Jerry Ng.

Dari deretan nama itu, ada tiga bos media di Indonesia. Yakni Chairul Tanjung, Tahir dan Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Berikut ini daftar 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2021 menurut Forbes World’s Billionaires List The Richest in 2021, Rabu (07/04/2021), dilansir dari CBNC Indonesia:

1. R Budi Hartono: US$20.5 miliar (86 di dunia)

R Budi Hartono dan saudara kandungnya Michael Hartono (yang kekayaannya dipisahkan) adalah dua orang terkaya di Indonesia. Kekayaan keduanya ditopang dari bisnis bank yakni PT Bank Central Asia TbkB (BCA) dan perusahaan rokok Djarum. Ia juga memiliki brand alat elektronik seperti Polytron, real estate di Jakarta, dan perusahaan gaming.

2. Michael Hartono: US$19.7 miliar (89 di dunia)

Michael Bambang Hartono merupakan orang terkaya kedua di Indonesia. Saudara kandung R Budi Hartono ini punya hobi bermain bridge dan mendapat medali perunggu di Asian Games 2018. Michael Hartono, kekayaannya hampir sama dengan R Budi Hartono yakni berasal dari BCA dan Djarum.

3. Prajogo Pangestu: US$6,5 miliar (404 di dunia)

Prajogo Pangestu seorang taipan yang lahir di Sambas, Kalimantan Barat, dengan nama Phang Djoem Phen. Ayahnya bernama Phang Siu On yang bekerja sebagai penyadap getah karet. Di Kalimantan ia bekerja menjadi sopir angkutan umum. Ketika sedang menjalani hari-harinya sebagai sopir, di 1960-an, Prajogo bertemu dan berkenalan dengan pengusaha kayu asal Malaysia, bernama Bong Sun On, atau Burhan Uray. Di sinilah nasibnya mulai berubah.

Beberapa tahun bekerja, ia banting stir menjadi pengusaha. Bisnisnya terus meningkat hingga bekerja sama juga dengan anak-anak Presiden Soeharto dan pengusaha lainnya demi memperlebar bisnisnya. Bisnisnya dengan bendera Barito Group berkembang luas di bidang petrokimia, minyak sawit mentah, properti, hingga perkayuan.

Di 2007, Barito Pacific mengakuisisi 70% perusahaan petrokimia, Chandra Asri, yang juga terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pada 2008, perusahaan mengakuisisi PT Tri Polyta Indonesia Tbk. Pada 2011, Chandra Asri pun merger dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

4. Chairul Tanjung: US$4,8 miliar (589 di dunia)

Pendiri dan Pemilik CT Corp ini memiliki reputasi panjang di dunia bisnis. Tidak salah rasanya jika kekayaan yang diperolehnya meningkat dari 2020 ke 2021 ini. Tahun lalu, posisinya ada di nomor 9 orang terkaya di Indonesia. Kini namanya melejit ke posisi ketiga.

Pria kelahiran Jakarta 16 Juni 1962 ini merupakan jebolan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Chairul yang merupakan anak dari seorang wartawan itu memulai bisnisnya dengan membuka peralatan kedokteran dan laboratorium, namun kemudian bangkrut.

Terus gigih, ia bersama 3 rekannya kemudian mendirikan PT Pariarti Shindutama pada tahun 1987, sebelum akhirnya berpisah dan mendirikan usaha sendiri. Usaha itulah yang kemudian dinamakan Para Group, yang kemudian berubah menjadi CT Corp.

  • Bagikan