Dipimpin Brigjen Victor Lasut, SMANSA Peduli Lingkungan gelar sosialisasi dan aksi di Manado-Bitung-Minahasa

  • Bagikan
Panitia SMANSA Peduli Lingkungan yang diketuai Brigjen Pol Drs Victor J Lasut MM menggelar sosialisasi dan aksi Rabu-Kamis (19-20/05/2021).

Manado, BERITA SULUT – Salah satu dampak yang ditinggalkan banjir bandang Manado tahun 2014 silam adalah meningkat drastisnya volume sampah. Peningkatan ini mengakibatkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo yang tidak lagi dapat menampung sampah yang dikelola dengan metode open dumping.

Bahkan hingga tahun ketujuh pasca banjir, persoalan ini mengakibatkan munculnya persoalan turunan lainnya, kurang lancarnya layanan persampahan di tahapan pembuangan akhir.

Persoalan ini mendorong alumni SMA Negeri 1 (SMANSA) Manado, sehingga Ketua Alumando Olly Dondokambey menunjuk Brigjen Pol Drs Victor J Lasut MM memimpin Panitia SMANSA Peduli Lingkungan.

Selang 2 hari berturut-turut, Rabu-Kamis, 19-20 Mei 2021, SMANSA Peduli Lingkungan melakukan sosialisasi dan aksi di beberapa spot.

Spot pertama yang dikunjungi adalah Kecamatan Mapanget. Diterima Camat Mapanget Robert Dauhan bersama jajaran para Lurah dan Kepala Lingkungan, Sekretaris Panitia Lentji Rinny Ngangi bersama Heru Paku Sujanto dan Puspaningrum tampil mensosialisasikan pengelolaan sampah berbasis rumah tangga dan peran penting ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah.

Menariknya, Kecamatan Mapanget sudah 2 tahun mengelola sampah melaui Bank Sampah dan bekerja sama dengan Pegadaian, di mana untuk ukuran berat tertentu sampah dapat ditukar dengan perhiasan emas.

Baca Juga:  JALA Unsrat dan IWO Sulut bantu korban bencana alam di Manado
  • Bagikan