MTPJ GMIM 12-18 Desember 2021 (Minggu Adven III): Berbahagialah ia yang percaya

  • Bagikan

Tema Bulanan: Aku Ini adalah Hamba Tuhan
Tema Mingguan: Berbahagialah Ia yang Percaya
Bacaan Alkitab: Lukas 1:39-45

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Kebahagiaan berarti kesenangan dan ketentraman hidup (lahir batin); keberuntungan; kemujuran (Kamus besar Bahasa Indonesia).

Para filsuf dan pemikir agama sering mendefinisikan kebahagiaan dalam kaitan dengan kehidupan yang baik dan tidak hanya sekedar sebagai suatu emosi. Sedangkan dalam bahasa Yunani mακάριος: makarios yang artinya berbahagia juga berarti “diberkati” atau “untung”.

Pada dasarnya manusia punya kerinduan untuk membangun bangsa, gereja dan keluarga. Ingin hidup dalam kebahagiaan, perdamaian, adil, dan sejahtera yang ditandai dengan hubungan saling menghargai, menghormati antara satu dengan yang lain.

Namun seiring dengan perkembangan zaman di era milenium dimana ilmu pengetahuan dan teknologi memegang peranan penting. Sungguh disayangkan banyak orang yang salah menggunakannya. Hal tersebut membawa pengaruh bagi pertumbuhan spiritualitas Iman Kristen.

Sekarang ini kehidupan dan keberimanan orang Kristen semakin menghadapi tantangan dan persoalan yang begitu kompleks. Kenyataannya, untuk menciptakan suatu suasana yang sungguh-sungguh hidup bahagia, aman dan damai, sangatlah sulit terjadi.

Diakibatkan karena manusia lebih cenderung mencari kebahagiaan semu yang ditawarkan oleh dunia. Seperti memiliki gaya hidup dimana segala sesuatu diukur dengan materi (materialisme), pemakaian barang-barang yang berlebihan (konsume risme), kenikmatan dan kesenangan dunia menjadi tujuan hidup (hedonisme), mementingkan diri sendiri (egoisme).

Baca Juga:  MTPJ GMIM 6-12 Februari 2022: Jabatan pelayanan adalah persembahan unjukan bagi Tuhan
  • Bagikan