MTPJ GMIM 19-25 Desember 2021 (Minggu Adven IV): Firman menjadi manusia

  • Bagikan

Tema Bulanan: Aku Ini adalah Hamba Tuhan
Tema Mingguan: Firman Menjadi Manusia
Bacaan Alkitab: Yohanes 1:1-14

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Siapakah Manusia? Manusia adalah makhluk ciptaan berakal budi yang rapuh, lemah dan tidak berdaya, tapi manusia selalu menggambarkan dirinya sebagai yang hebat, kuat dan berkuasa.

Manusia bagaikan yang menentukan segalanya, mengarahkan segalanya dan mengotrol segalanya karena itu manusia terjebak pada “mentuhankan” dirinya dengan demikian tindakan manusia ini berdampak pada “kehancuran” dunia.

Hal ini membuat manusia melakukan tindakan semena-mena, penindasan, kekerasan, ketidakadilan, kehancuran, dan pemusnahan. Manusia tidak menyadari bahwa dia tidak ada apa-apanya tidak ada yang bisa dibanggakan karena manusia terbatas adanya.

Dalam hal ini manusia jatuh dalam dosa, manusia yang “hebat” apakah mampu meluputkan diri dari dosa? Pasti tidak! Allah mengasihi Manusia, Yesus Kristus adalah Allah tapi juga sebagai manusia datang ke dunia, solider dengan manusia yang berdosa.

Menyatakan tentang bagaimana manusia hidup dalam terang Firman Tuhan, dalam kelemahan dan keterbatasan tapi memiliki kekuatan yang melimpah. Semuanya karena Firman yang telah menjadi manusia yaitu Yesus Kristus, Allah yang menyelamatkan dunia.

Baca Juga:  Dilantik jadi Ketua FK-PKB PGI, ini pernyataan Olly Dondokambey
  • Bagikan