Hari ini 72 tahun GMKI, begini sejarah hingga visi-misi pergerakan

  • Bagikan

Jakarta, BERITASULUT.co.id Hari ini, 9 Februari 2022, menjadi perayaan hari besar Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), yang merayakan Dies Natalis ke-72.

Pada momen bahagia itu, angka 72 tahun bukan sekedar gambaran sebuah usia atas perjalanan hidup, tetapi bagaimana merefleksikan perjalanan panjang kehadiran GMKI sebagai organisasi intelektual kaum muda Kristen dalam mewarnai ke-Indonesia-an dengan beragam identitasnya.

Apa itu GMKI?

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) adalah organisasi kemahasiswaan yang didirikan pada tanggal 9 Februari 1950.

Namun Christelijke Studenten Vereeniging op Java (CSV) yang menjadi cikal bakal GMKI telah ada jauh sebelumnya dan berdiri sejak 28 Desember 1932 di Kaliurang, Yogyakarta, Indonesia. GMKI sendiri memiliki sebanyak 90 cabang dan telah menyebar di tanah air.

Nilai yang menjadi kelebihan GMKI adalah berdoa, bersaksi, bersekutu, berkreasi, dan belajar. Selain nilai, GMKI juga memiliki prinsip yaitu, kemamhasiswaanya, kekristenannya, ke Indonesiannya.

GMKI juga memiliki tri panji yaitu: Tinggi Iman, Tinggi Ilmu dan Tinggi Pengabdian. GMKI bukanlah organisasi yang bersifat politik, tetapi organisasi yang bersifat gerejawi.

  • Bagikan