MTPJ GMIM 27 Feb – 5 Maret 2022 : Solidaritas dalam pelayanan

  • Bagikan

Tema Mingguan : Meningkatkan Integritas, Kompetensi dan Soliditas Pelayanan
Tema Bulanan : Solidaritas Dalam Pelayanan
Pembacaan Alkitab : 1 Korintus 1:10-17

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Seiring dengan perubahan zaman, ketika kehidupan manusia semakin maju, maka nilai-nilai kebersamaan akan semakin sulit untuk dijumpai. Orang dapat saja membangun kebersamaan, tapi selalu didasarkan pada kepentingan tertentu.

Arus globalisasi yang begitu kuat di tengah revolusi industri yang berkembang pesat, suka atau tidak, akan selalu mengkondisikan setiap orang menjadi semakin individualistik dalam mengerjakan sesuatu.

Konsekuensinya sikap ambisius dan egoisme (kepentingan diri sendiri), menjadi “gaya hidup” yang lazim di tengah kemajuan zaman.

Realitas ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar, tapi kini lambat-laun akan menjadi pemandangan di pelosok desa. Belum lagi kenyataan ketimpangan sosial seperti kemiskinan, akan semakin mengerucutkan perbedaan.

Dalam kondisi seperti ini orang pasti akan berlomba-lomba untuk mempertahankan pendapatnya, apa yang ia punya dan apa yang menjadi tujuannya.

Terkadang sikap menghalalkan segala cara menjadi senjata yang ampuh untuk mengikis kebersamaan dan mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan.

Bahkan konflik, gesekan sosial, permusuhan dan perselisihan menjadi “instrumen” untuk mencapai keinginan. Hal itu tidak hanya terjadi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan tetapi juga di dalan gereja.

Baca Juga:  Akhir September, Panji Yosua P/KB GMIM gelar Konsultasi I di Mapanget Satu
  • Bagikan