SDN 03 Manado siap terapkan Kurikulum Merdeka dengan 6 Profil Pelajar Pancasila dan Keterampilan Abad 21

  • Bagikan
Kepala Sekolah SDN 03 Manado Jooke Lendo SPd MSi.

Kemudian untuk Keterampilan Abad 21 sangat diperlukan, karena akan terfokus pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat.

Pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi di Abad 21 akan memberikan konsekuensi pada besarnya tantangan yang berbeda dari yang pernah dihadapi sebelumnya.

Pada Abad 21, setiap peserta didik akan belajar dengan cara yang berbeda-beda, sehingga guru ditantang untuk menemukan cara membantu semua siswa belajar secara efektif.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkembang pesat di Abad 21 telah mengubah cara belajar dan sifat pekerjaan.

Anak-anak akan dihadapkan pada jenis-jenis pekerjaan, teknologi, juga problematika hidup yang mungkin belum mampu untuk dibayangkan sekarang.

Kehidupan Abad 21 menuntut adanya keterampilan peserta didik untuk siap menghadapi tantangan yang ada.

Keterampilan tersebut diistilahkan dengan 4C, yang merupakan singkatan dari Critical Thinking (Berpikir Kritis), Collaboration (Kemampuan Bekerja Sama dengan Baik), Communication (Kemampuan Berkomunikasi), dan Creativity (Kreatifitas).

Lembaga pendidikan ditantang untuk menemukan cara dalam rangka memungkinkan peserta didik sukses di pekerjaan dan kehidupan melalui penguasaan keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah yang fleksibel, berkolaborasi dan berinovasi.

“Identifikasi kompetensi siswa yang perlu dikembangkan merupakan hal yang sangat penting untuk menghadapi Abad 21,” jelas Lendo.

Untuk mewujudkannya, maka diperlukan kerjasama yang baik antara guru, murid, dan tentunya orang tua murid.

(donwu)

Baca Juga:  Pahlawan Nasional AA Maramis, orang pertama yang tanda tangan uang RI
  • Bagikan