MTPJ GMIM 24-30 April 2022 : Berita Injil adalah sebuah kepastian yang kokoh

  • Bagikan

Tema Bulanan : Solidaritas yang Paripurna
Tema Mingguan : Berita Injil adalah Sebuah Kepastian yang Kokoh
Bacaan Alkitab : 1 Tesalonika 1:1-10

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Berita adalah cerita atau keterangan mengenai suatu kejadian atau peristiwa hangat yang sudah atau sedang terjadi.

Berita biasa memuat atau menyampaikan keterangan tentang suatu peristiwa penting yang perlu diketahui oleh orang hanyak atau bisa juga sebuah informasi yang perlu ditindaklanjuti.

Sedangkan Injil bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu: berisikan karya penyelamatan Allah (Bapa, Anak dan Roh Kudus), kita biasa menyebutnya Alkitab; dan kabar baik tentang Yesus Kristus.

Yoh. 1:1 menunjuk pada Yesus sebagai Firman yang sudah ada sejak semula; atau menurut Paulus, Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan (Roma 1:16, 17).

Kepastian ialah bahwa suatu berita atau informasi yang disampaikan itu benar-benar terjadi dan dapat dipercaya misal penulis injil Matius dalam pasal 2:1-12 dimana para Majus yang memperoleh petunjuk (berita) dari Bintang Timur, kemudian datang untuk mempersembahkan sesuatu bagi bayi Yesus.

Dan tindakan raja Herodes yang mendengar kabar tentang kelahiran Yesus dan menindaklanjuti dengan mencari tahu kebenaran berita yang didengarmya.

Sedangkan Markus 1:1-8 kesaksian Yohanes Pembaptis tentang mempersiapkan jalan bagi Yesus Kristus adalah sebuah kabar yang pasti.

Sementara kokoh (kukuh) artinya kuat terpancang pada tempatnya, tidak mudah roboh atau rusak sehingga bisa menjadi pelindung atau dapat mendatangkan ketenangan.

Orang-orang percaya (Kristen) harus memiliki pengharapan dan komitmen iman yang teguh sekalipun harus diperhadapkan atau berada dalam kemelut-kemelut hidup yang mendatangkan ketidakpastian.

Baca Juga:  Sabtu, PKB GMIM Rayon Manado ibadah awal tahun dan penjabaran program 2020 di Bumotik
  • Bagikan