MTPJ GMIM 21-27 Agustus 2022 : Jangan menghakimi

  • Bagikan

Tema Bulanan: Merajut Spiritualitas Bergereja, Berbangsa dan Bernegara
Tema Mingguan: Jangan Menghakimi
Bacaan Alkitab: Roma 14:1-12

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Kendati ada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang menjamin kebebasan dan membatasi penyalahgunaan media sosial, namun masih terjadi penyebaran informasi yang tidak bertanggung jawab.

Seperti penyebaran paham radikalisme, eksklusivisme dan individualisme. Pembenaran diri dan menyalahkan pendapat orang lain yang bernuansa menghakimi dan mendeskriditkan pihak lain adalah keadaan yang memprihatinkan.

Sebab pada gilirannya terjadi polarisasi dalam masyarakat. Lebih parah lagi, medsos menjadi sarana penyebaran berita bohong (hoaks).

Hal-hal demikian tidak hanya terjadi dalam konteks politik, sosial kemasyarakatan, tetapi telah memasuki interaksi orang percaya dalam bergereja.

Menghadapi dan menyikapi realitas kehidupan jemaat dan masyarakat seperti yang tergambar dalam uraian di atas maka perenungan sepanjang minggu ini dipilih tema ”Jangan Menghakimi”.

PEMBAHASAN TEMATIS

Pembahasan Teks Alkitab (exegese)

Surat Paulus kepada jemaat di Roma ditulis saat berada di Korintus, di rumah Gayus pada tahun 57 Masehi. Kekristenan cepat menyebar di kota Roma sebelum Paulus tiba di sana. Seperti pepatah lama berkata “banyak jalan menuju ke Roma”.

Di sana terdapat banyak akses jalan yang dibangun di setiap daerah yang dikuasai kekaisaran Roma untuk mempermudah dan mempercepat mobilitas pengiriman bahan makanan, material, pasukan, dan lain sebagainya.

Termasuk penyebaran ajaran tentang Yesus Kristus. Roma merupakan pusat parlemen kekaisaran Roma dan jemaat di Roma terdiri dari Kristen Yahudi dan orang Kristen non Yahudi.

Baca Juga:  Pnt JPAR ikut pembekalan Pelsus GMIM, duduk berbaur dengan sesama Pelsus
  • Bagikan