MTPJ GMIM 4-10 September 2022 : Berilah dirimu didamaikan dengan Allah

  • Bagikan

Bacaan Alkitab: 2 Korintus 5:11-21

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Damai itu indah. Semua manusia ingin hidup damai dan menikmati keindahan. Namun untuk mewujudkannya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Karena kedamaian berkaitan dengan segenap aspek dan dimensi kehidupan manusia.

Manusia memiliki aspek lahiriah dan batiniah serta sosial. Dapat saja kita pridadi hidup merasa aman dan damai dengan terpenuhinya kebutuhan jasmani dan rohani.

Tetapi ketika berinteraksi dalam kehidupan sosial, cara hidup kita dapat tidak menyenangkan orang lain atau sebaliknya keadaan sosial tidak menyenangkan kita.

Karena setiap orang memiliki kemampuan, keinginan, kebutuhan, cara pandang, cara dan gaya hidup yang dipengaruhi oleh keyakinan, pengalaman dan latar kebudayaan berbeda-beda. Sehingga setiap pribadi pasti unik dan tidak ada yang sama.

Dalam keluarga dan komunitas yang sama saja perbedaan dapat menjadi sumber permasalahan, konflik dan tidak damai. Apalagi interaksi dalam kehidupan sosial yang majemuk.

Manusia cenderung mementingkan diri sendiri, keluarganya, kelompoknya dari pada orang lain. Namun sebagai mahluk sosial kita membutuhkan pertolongan orang lain.

Sebaliknya orang lain membutuhkan kita. Baik dalam komunitas Gereja maupun dalam kehidupan majemuk sebagai Bangsa dan Negara dibutuhkan semangat solidaritas yang inklusif.

Sebagai Gereja kita perlu merajut kembali spiritualitas dengan nurani kasih terhadap sesama seperti Yesus Kristus. Oleh sebab itu tema kita minggu ini adalah “Berilah Dirimu Didamaikan Dengan Allah”.

Dari tema ini, diharapkan kita dituntun menjadi “manusia baru”, manusia yang telah berdamai dengan Allah, sesama dan ciptaan lainnya.

Baca Juga:  Pnt GSVL ajak PKB GMIM jadi pembuat solusi dan pembawa damai, jangan jadi penyebar hoax
  • Bagikan