MTPJ GMIM 11-17 September 2022 : Wariskanlah perintah Tuhan kepada anak, cucu, cicit

  • Bagikan

Bacaan Alkitab : Ulangan 4:1-20

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Warisan merupakan sesuatu yang diwariskan seperti harta, nama baik; harta pusaka (KBBI). Pengertian lain warisan sebagai harta peninggalan yang ditinggalkan pewaris kepada ahli waris dengan makna berpindahnya sesuatu dari seseorang kepada orang lain atau dari suatu kaum kepada kaum yang lain.

Dengan demikian dapat dipahami bahwa warisan bukan hanya berbicara tentang harta benda saja, tetapi juga bisa berupa nilai-nilai hidup atau karakter-karakter dari nenek moyang atau dari orang tua yang diturunkan kepada kaum keturunannya.

Keluarga adalah basis utama dalam kehidupan bergereja dan merupakan tempat yang pertama dan terutama untuk mengajarkan perintah Tuhan melalui pengajaran firman dan teladan hidup sebagai warisan bagi anak, cucu, cicit yang ada.

Oleh sebab itu gereja yang di dalamnya terdapat keluarga keluarga Kristen memiliki peranan yang penting dalam hal mengajar dan mewariskan perintah Tuhan.

Banyak keluarga Kristen berpikir bahwa harta benda, kekayaan, tanah pusaka adalah warisan yang berharga bagi generasi penerus.

Karena itulah tak jarang ditemui ada sesama saudara, kakak-beradik atau keluarga yang berselisih sampai dendam dan saling membunuh hanya karena harta warisan orang tua/nenek moyang.

Perilaku hidup seperti ini sangatlah bertentangan dengan kehendak Tuhan dan tidak mencerminkan hidup dalam kasih Tuhan.

Karena itu sangatlah penting menanamkan nilai-nilai kekristenan sejak dini agar generasi selanjutya tetap terpelihara dalam iman, harap dan kasih kepada Tuhan.

Atas dasar inilah dengan mengacu dari bacaan Alkitab dalam Ulangan 4:1-20, maka diambil tema: “Wariskanlah Perintah Tuhan Kepada Anak, Cucu, Cicit”.

Baca Juga:  KPA Sinode GMIM sukses gelar Lokakarya Natal di Alfa Omega Rinegetan
  • Bagikan