Diskominfo-SP Mitra terus berinovasi, kali ini Operasionalisasi Jaring Komunikasi Sandi Pemerintah

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menggelar kegiatan Operasionalisasi Jaring Komunikasi Sandi Pemerintah, bertempat di ruangan kantor dinas setempat, Kamis (24/11/2022).

Asisten I Pemkab Mitra, Arnold Mokosolang mengatakan, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih dan transparan, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang mampu mengakselerasi pertumbuhan Kabupaten Minahasa Tenggara sesuai visi dan misi.

“Sistem pemerintahan berbasis elektronik akan memberikan kemudahan kepada masyarakat,” terang Arnold Mokosolang.

Lanjut dia, kendati demikian akibat kemudahan itu juga akan memunculkan ancaman keamanan data maupun transaksi informasi berbasis elektronik yang dapat dimanfaatkan oleh pihak tertentu.

“Disinilah peran persandian dalam pengamanan informasi. Persandian harus mampu memberikan jaminan keamanan dalam pemerintah daerah sehingga peran persandian bukan hanya menyangkut kerahasiaan saja, tetapi persandian memiliki peran dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan dalam pengamanan informasi,” tukasnya mengutip sambutan Bupati James Sumendap.

Kepala Diskominfo-SP Mitra, Silfia Makaenas menambahkan, sehubungan dengan adanya perkembangan era digital saat ini, penerapan e-Government merupakan suatu keharusan sesuai dengan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Penggunaan sertifikat elektronik merupakan satu cara memberikan keamanan informasi dalam transaksi elektronik untuk mendukung tata pemerintahan berbasis elektronik,” ujar Makaenas.

Kata dia, penggunaan tanda tangan elektronik dapat meningkatkan pekerjaan kita sehingga menghemat waktu mengefisiensikan anggaran dan biaya.

“Bisa mengurangi penggunaan kertas dan juga telah diakui secara hukum atau legal,” jelasnya

Lanjut dia, kondisi ini juga diperkuat dengan pandemi yang saat ini masih terjadi sehingga membuat kita dapat bekerja dimana saja, termasuk dari rumah dan tempat lain. Dengan maksud untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan setiap ASN di lingkungan Pemkab Mitra.

Baca Juga:  Lakukan pelanggaran, 4 anggota Polres Mitra jalani sidang disiplin

“Meningkatkan kepedulian keamanan informasi melalui pemanfaatan sertifikasi elektronik atau tanda tangan elektronik, guna melindungi keutuhan dan keaslian informasi Pemerintah Daerah sebagai penunjang sistem pemerintah berbasis elektronik,” pungkas Makaenas.

Turut hadir dalam kegiatan, Kasubang Umum dan Kepegawaian semua OPD dan Kecamatan di Mitra, Staf Khusus Bupati Rico Lumbu, dengan pemateri kepala Seksi Pengembangan Aplikasi dan Data pada Dinas Komunikasi Statistik dan Persandian Marthen Solang. (***)

  • Bagikan